Siap Jadi Tuan Rumah U20, DKI Jakarta Usung Isu Utama Perkotaan

Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta siap menjadi tuan rumah Urban 20 (U20) Mayors Summit. Ajang berkumpulnya para pemimpin kota anggota G20 ini akan diselenggarakan pada 30-31 Agustus 2022.
 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang memimpin siklus U20 kelima tahun 2022, mengundang kepala daerah dan gubernur anggota G20 untuk bekerja sama dalam tiga bidang utama. Yaitu investasi kesehatan dan perumahan rakyat, mendorong transisi energi berkelanjutan dan akses yang adil, dan memberikan edukasi dan pelatihan tentang masa depan pekerjaan.
 
“Dengan semakin meng-kota-nya dunia ini, maka kota memiliki peran penting sebagai garda terdepan untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh warga kota”, ujar Anies dalam keterangan tertulis, Sabtu, 27 Agustus 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melalui U20, kota-kota yang mewakili negara anggota G20 berkomitmen untuk bekerja sama dengan pemerintah nasional untuk mengatasi tantangan paling mendesak. Termasuk pemulihan krisis akibat pandemi covid-19, darurat iklim, dan peningkatan ketimpangan struktural.
 
“Tahun ini, U20 akan berfokus pada isu dan tantangan yang dihadapi oleh kota-kota akibat pandemi covid-19. Sehingga tema yang diangkat adalah ‘Kota Pascapandemi’,” ungkapnya.
 
Sebanyak 12 delegasi kota anggota U20 akan hadir yaitu, yaitu Los Angeles (walikota), Rotterdam (walikota), Tokyo (gubernur), Tshwane (walikota), Mumbai (Komisaris dan Administrasi Kota, BMC), Sydney (wakil walikota), Berlin (sekretaris tetap kewarganegaraan aktif, dukungan demokrasi dan hubungan internasional).
 

 
Lalu Sao Paulo (wakil sekretaris hubungan internasional), Madrid (wakil direktur hubungan internasional), Moskow (wakil kepala departemen ekonomi eksternal dan hubungan internasional), Buenos Aires (manajer hubungan internasional), Istanbul (kepala hubungan luar negeri departemen IMM).
 

Kemudian 10 delegasi kota yang hadir secara virtual yaitu Amsterdam (sherpa), Istanbul (walikota), Izmir (sherpa), Johannesburg (sherpa), Lisboa (walikota), Milan (walikota), Moskow (sherpa), Kota New York (komisaris untuk kebijakan & inisiatif strategis), Osaka (sherpa), dan Roma (walikota).
 
Sementara untuk kota pengamat atau observer akan dihadiri 15 delegasi yang hadir secara fisik yaitu Lima (wakil walikota), Quito (dewan kota Quito), Jawa Barat (walikota), Banjarmasin (walikota), Balikpapan (walikota), Makassar (walikota), Medan (walikota), Padang (walikota), Palembang (walikota), Palu (walikota), Surakarta (walikota), Ambon (Pj walikota), Yogyakarta (Pj walikota), Surabaya (wakil walikota), Jambi (kepala dinas pariwisata dan kreatif). Ada dua delegasi kota pengamat yang hadir secara virtual yaitu Glasgow (pemimpin Dewan kota) dan Skopje (walikota).
 

(END)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!