PLN UP3 Medan menggelar sosialisasi keselamatan kelistrikan

redaksiutama.com – PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) menggelar sosialisasi keselamatan ketenagalistrikan, di Wisma Menteng Medan, Sumatera Utara.

“Pada sosialisasi tersebut telah dijelaskan berbagai upaya mencegah kesetrum saat hujan dan banjir,” kata Pejabat Pelaksana K3L dan Keselamatan Kesehatan Kerja Lingkungan dan Keamanan (KAM) PT PLN UP3 Medan Doli Uli Saut Sitompul, dalam keterangan tertulis, Senin.

Doli menyebutkan, mencegah kesetrum saat hujan dan banjir antara lain mengamankan kabel atau colokan listrik yang terletak di bawah.

“Selalu melakukan pengecekan kabel terkelupas dan sambungan yang terbuka,” ujarnya.

Ia mengatakan, kemudian hubungi petugas PLN jika ada bahaya kondisi listrik melalui aplikasi PLN Mobile atau kontak center 123, dan hubungi kantor PLN terdekat.

“Penyebab aliran listrik padam saat cuaca ekstrem antara lain disebabkan gardu listrik terendam banjir, gardu listrik tertimpa pohon, adanya longsor mengakibatkan jaringan roboh atau adanya petir yang menyambar trafo distribusi,” katanya pula.

Doli juga menjelaskan, segera matikan MCB di KwH meter jika air naik dengan cepat saat banjir terjadi.

“Kegiatan ini dimaksud untuk menghindari atau mengantisipasi kecelakaan masyarakat umum akan bahaya listrik,” katanya lagi.

error: Content is protected !!