PBSI Ukir Sejarah dengan Menggelar Kejuaraan Piala Presiden 2022

Jakarta: PP PBSI di era kepemimpinan Agung Firman Sampurna kembali mengukir sejarah dalam kancah bulu tangkis nasional. Kali ini, sejarah itu tercipta dengan menggelar kejuaraan bulu tangkis bergengsi kelompok usia bertajuk Piala Presiden 2022.
 
Sejak PBSI berdiri di Bandung pada 1951 silam, belum pernah ada turnamen bulu tangkis akbar nasional yang memperebutkan Piala Presiden. Padahal, ajang olahraga bertajuk Piala Presiden itu sudah ada lebih dulu untuk beberapa cabor lain di Tanah air, termasuk sepak bola.
 
“Ini merupakan sebuah sejarah baru di Indonesia, di mana digelar sebuah kejuaraan bulu tangkis dengan memperebutkan Piala Presiden Republik Indonesia. Upaya PP PBSI yang memperjuangkan adanya kejuaraan Piala Presiden, akhirnya bisa terwujud,” tutur Agung dalam konferensi pers di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, Senin (25/7/2022).





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Bulu tangkis dengan prestasi yang membanggakan, malah belum pernah sekalipun menggelar Piala Presiden. Di kepengurusan saya, kita ingin menggelar Piala Presiden secara rutin. Dan, Alhamdulillah kita diberi kesempatan mulai tahun ini,” tambahnya.
 
Ketum PBSI, Agung Firman Sampurna. (Foto: Medcom.id/Zam)
PBSI Ukir Sejarah dengan Menggelar Kejuaraan Piala Presiden 2022
 
Konferensi pers Piala Presiden 2022 ini turut dihadiri pula oleh Direktur PT Adaro Energy Indonesia Julius Aslan, perwakilan Pricewaterhouse Coopers (PwC) Lok Budianto, Haryanto Arby dari Flypower, serta tiga pebulu tangkis andalan Merah Putih Anthony Sinisuka Ginting, Apriyani Rahayu, dan Siti Fadia Silva Ramadhanti.
 
Agung menjelaskan lebih lanjut, proses penyelenggaraan Piala Presiden 2022 ini cukup kompleks dan dia dapat bantuan dari Ketua Steering Committe Maruarar Sirait yang membuat semua persiapan berjalan lancar. Kemudian, ajang ini bertujuan menjaring bibit-bibit atlet terbaik masa depan Indonesia dan sekaligus untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.
 
“Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kami haturkan kepada Bapak Presiden Jokowi. Juga kepada PT Adaro Energy Indonesia, Tbk., sebagai sponsor tunggal Piala Presiden 2022. Juga kepada semua pihak yang sudah mendukung terlaksananya kejuaraan ini,” kata Agung.
 
Sementara itu, Direktur PT Adaro Energy Indonesia Tbk Julius Aslan menjelaskan bahwa dirinya mendukung penuh Piala Presiden 2022 karena sejalan dengan misi perusahaan yang ingin meningkatkan kontribusi demi kemajuan Indonesia. Kemudian, dia juga berharap Piala Presiden 2022 bisa melahirkan bibit-bibit baru yang bisa mengharumkan nama bangsa.
 
“Kami sangat mendukung upaya-upaya yang dilakukan demi pengembangan olahraga nasional kita. Untuk itu, Adaro ingin hadir mendukung putra-putri bangsa yang mempunyai tekad kuat mengharumkan nama bangsa melalui olahraga bulu tangkis,” ungkap Julius.
 
“Kami berharap, melalui ajang ini akan muncul atlet-atlet muda bertalenta yang akan menorehkan prestasi di kejuaraan bulu tangkis, baik nasional maupun internasional,” tambahnya.
 
Direktur PT Adaro Energy Indonesia Tbk, Julius Aslan. (Foto: Medcom.id/Zam)
PBSI Ukir Sejarah dengan Menggelar Kejuaraan Piala Presiden 2022
 
Para pemain di kejuaraan ini akan membela provinsi masing-masing, dan daerah pengoleksi emas terbanyak bisa memboyong trofi bergilir Piala Presiden. Wakil Ketua Panitia Pelaksana Piala Presiden 2022, Edi Sukarno, menjelaskan bahwa pendaftaran turnamen sudah ditutup sejak 19 Juli lalu dan didapati 620 total peserta dari 30 provinsi di Indonesia. Kemudian, provinsi yang tidak mengirimkan atletnya hanya Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, dan Papua Barat.
 
Disampaikan pula, Piala Presiden 2022 mempertandingkan 11 nomor, yaitu tunggal putra-putri kelompok umur anak-anak (U-13), tunggal dan ganda putra-putri kelompok pemula (U-15), serta tunggal, ganda putra-putri, dan ganda campuran kelompok remaja (U-17). Untuk lokasi penyelenggaraannya di GOR Nanggala GOR Nanggala, Cijantung, Jakarta Timur pada 1-6 Agustus 2022 dan total hadiahnya mencapai lebih dari Rp1 miliar.
 
Disampaikan pula bahwa kejuaraan Piala Presiden 2022 mempertandingkan 11 nomor, yaitu tunggal putra-putri kelompok umur anak-anak (U-13), tunggal dan ganda putra-putri kelompok pemula (U-15), serta tunggal dan ganda putra-putri, plus ganda campuran kelompok remaja (U-17).
 
Wakil Ketua Pelaksana Kejuaraan Bulu Tangkis Piala Presiden 2022, Edi Sukarno. (Foto: Medcom.id/Zam) 
PBSI Ukir Sejarah dengan Menggelar Kejuaraan Piala Presiden 2022
 
Terkait protokol kesehatan, panitia mewajibkan siapa pun yang masuk ke area pertandingan untuk memindai PeduliLindungi. Kemudian menariknya, kejuaraan bulu tangkis Piala Presiden ini bisa disaksikan langsung secara gratis oleh berbagai kalangan masyarakat dan turut mendukung perekonomian rakyat. 
 
“Kami mewajibkan vaksin booster atau minimal vaksin kedua (untuk usia tertentu) kepada semua pihak yang terlibat di Piala Presiden 2022, termasuk media. Sementara, bagi masyarakat yang ingin menonton langsung bisa datang ke arena secara gratis,” tutur Edi.
 
“GOR Nanggala akan kami sulap menjadi arena pertandingan bulu tangkis dengan total enam lapangan. Kami juga akan membuka tenant-tenant UMKM di pelataran parkir GOR Nanggala sebagai bentuk dukungan ekonomi kerakyatan,” tambahnya.
 
Demi menyukseskan kejuaraan, panitia juga telah menggelar sayembara desain Piala Presiden yang diikuti sejumlah peserta dengan 130 karya. Lalu, terpilihlah karya seniman asal Garut bernama Mohammad Mufti Al Rajab dan pembuatan pialanya pun merupakan karya anak bangsa di Bandung.
 
Piala Kejuaraan Bulu Tangkis Piala Presiden 2022. (Foto: Medcom.id/Zam)
PBSI Ukir Sejarah dengan Menggelar Kejuaraan Piala Presiden 2022

 

(KAH)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!