One Village One Destination tingkatkan potensi pariwisata Malang

redaksiutama.com – Program Pemerintah Kabupaten Malang, One Village One Destinationatau satu desa satu destinasi dinilai mampu meningkatkan potensi sektor pariwisata di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Bupati Malang M Sanusi di Kabupaten Malang, Senin, mengatakan bahwa program One Village One Destination tersebutbertujuan untuk mengangkat potensi desadiKabupaten Malang sebagai destinasi wisata.

“Sejalan dengan program Kabupaten Malang, One Village One Destinationmengangkat potensi desa. Saat ini, di Kabupaten Malang telah memiliki 22 desa wisata,” kata Sanusi pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD dalam Peringatan Hari Jadi ke-1.262 Kabupaten Malang.

Sanusi menjelaskan, dari 22 desa wisata yang ada di wilayah Kabupaten Malang tersebut, berhasil menorehkan prestasi. Salah satunya adalah Desa Wisata Pujon Kidul yang mendapat penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 Kategori Desa Mandiri Inspiratif.

Sementara itu, lanjutnya, Desa Sanankerto meraih Juara III Kategori Desa Daya Tarik Wisata, serta mendapat apresiasi dari forum internasional, atas keikutsertaannya dalam ASEAN Rural Development and Poverty Eradication Awards ke-5 Tahun 2022.

“Ke depan, harapannya dengan berbagai capaian yang telah diraih tahun ini dapat mengangkat potensi pariwisata di Kabupaten Malang agar dapat terus tumbuh dan berkembang,” ujarnya.

Ia menambahkan, berkaitan dengan sektor pariwisata, juga tidak lepas dari pembangunan infrastruktur di wilayah Kabupaten Malang. Pembangunan sarana dan prasarana yang baik akan mendukung peningkatan daya saing daerah, termasuk sektor pariwisata.

“Salah satu infrastruktur yang memiliki peran strategis yakni pembangunan jalan dan jembatan. Keberadaan infrastruktur sangat penting sebagai penunjang mobilitas masyarakat dan memudahkan distribusi barang, sekaligus menghidupkan roda perekonomian masyarakat,” katanya.

Wilayah Kabupaten Malang memiliki potensi pariwisata yang cukup menjanjikan. Beberapa daerah tujuan wisata di wilayah tersebut antara lain adalah Desa Wisata Pujon Kidul, termasuk jajaran pantai di wilayah selatan Malang.

error: Content is protected !!