Nilai Tukar Rupiah Tertekan ke Rp 15.637 per Dollar AS

redaksiutama.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot ditutup melemah pada Rabu (7/12/2022) hari ini. Depresiasi ini mengekor sejumlah mata uang di regional Asia lain.

Melansir data Bloomberg, pada sesi perdagangan hari ini nilai tukar rupiah ditutup melemah 19 poin atau 0,12 persen ke Rp 15.637 per dollar AS. Mata uang Garuda bergerak fluktuatif dua arah, dengan rentang Rp 15.585 – Rp 15.648 per dollar AS hari ini.

Mengacu kurs tengah Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), nilai tukar rupiah juga terdepresiasi. Pada hari ini, nilai tukar rupiah Jisdor berada pada level Rp 15.619 per dollar AS, lebih tinggi dari Selasa (6/12/2022) kemarin sebesar Rp 15.576 per dollar AS.

Depresiasi nilai tukar rupiah selaras dengan menguatnya indeks dollar AS. Data Investing menunjukan, greenback saat ini berada pada kisaran 105,34.

Pelemahan terhadap dollar AS juga dirasakan oleh sejumlah mata uang Asia lain, seperti yen Jepang (-0,29 persen), dollar Hong Kong (-0,17 persen), won Korea Selatan (-0,20 persen), dan ringgit Malaysia (-0,03 persen).

Sebelumnya, Analis Sinarmas Futures Ariston Tjendra mengatakan, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS masih berkonsolidasi. Ini disebabkan oleh pasar yang masih wait and see terhadap sinyal arah kebijakan bank sentral AS, The Federal Reserve.

“Pasar masih mewaspadai potensi pelemahan rupiah karena The Fed,” kata dia, kepada Kompas.com, Rabu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!