Merdeka finansial bagi pemula, simak 5 tips Ajaib ini

Jangan ragu berdiskusi dengan orang-orang yang memiliki latar belakang pendidikan ekonomi, dan orang yang memang sudah lama terjun ke dunia saham. Pengalaman dari para ahli akan memberi gambaran bagaimana berinvestasi saham yang baik. Jika sudah memahami dasar dan tata cara investasi saham yang efektif, kamu akan lebih mudah mendapat keuntungan.

Kamu juga harus tahu bahwa ada risiko besar jika ingin mendapat keuntungan tinggi. Jika kamu tidak percaya diri mengambil saham dengan risiko tinggi, pilihlah saham perusahaan dengan track record baik dan dikenal masyarakat luas.

3. Tentukan tujuan investasi

Jika ingin berhasil memulai investasi saham, kamu harus lebih dulu memahami tujuan berinvestasi. Sama halnya ketika ingin pergi ke suatu tempat, tanpa adanya tujuan, kamu akan tersesat dan sulit menentukan arah. Tujuan inilah yang nantinya akan mempengaruhi nominal, serta jangka waktu yang diinginkan. Selain itu, hal ini juga memotivasi kamu untuk berinvestasi dengan cara yang tepat.

4. Investasi sesuai kemampuan

Jangan memaksakan diri, mulailah investasi sesuai kemampuan. Meski keuntungannya menggiurkan, tetap ada risiko di balik keuntungan tersebut. Tak perlu modal besar untuk berinvestasi saham. Dengan Rp100.000 kamu dapat  berinvestasi saham dengan memilih saham perusahaan yang tersedia di Ajaib Sekuritas.

Jangan tergesa-gesa berinvestasi dengan nominal besar. Mulailah dengan nominal kecil, dan perlahan bertambah besar. Seiring bertambahnya pengetahuan dan kepercayaan diri dalam berinvestasi, kamu akan semakin yakin untuk investasi dengan nominal yang besar.

5. Jangan mudah FOMO (Fear of Missing Out)

Sebagai investor, kamu pasti tergoda ketika nilai saham mengalami peningkatan, atau ikut-ikutan membeli saham tanpa mempelajari informasi lengkap dari perusahaan tersebut. Kamu harus fokus dan konsisten terhadap rencana investasi dan keuangan yang telah dibuat. Sangat jarang investor pemula mendadak kaya ketika baru mulai berinvestasi. Oleh sebab itu, hindari keputusan yang didasari oleh FOMO.

Itulah beberapa hal mengenai saham, dan tempat yang bisa dimanfaatkan untuk belajar saham bagi pemula. Di Ajaib Sekuritas, kamu akan dibantu dengan fitur-fitur seperti Competitive Ranking untuk mengetahui kekuatan fundamental perusahaan dibanding kompetitornya. Kemudian, fitur Ajaib Alert, agar kamu jadi yang pertama mengetahui waktu terbaik untuk menjual atau membeli saham menurut pilihan kamu.


Artikel ini bersumber dari www.alinea.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!