Mbizmarket dan Nobu Bank Permudah UMKM  Akses Pendanaan KUR

Mbizmarket dan Nobu Bank Permudah UMKM  Akses Pendanaan KUR

Sebagai  upaya untuk mendukung program pemulihan ekonomi nasional,  Mbizmarket (PT Brilliant Ecommerce Berjaya) bekerja sama dengan Nobu Bank  (PT Bank Nationalnobu Tbk) dalam penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk membantu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terpukul akibat dampak pandemi Covid-19.

Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, UMKM di Tanah Air kini jumlahnya mencapai 64,2 juta memiliki peran penting bagi perekonomian Indonesia karena memberikan sumbangan yang signifikan, khususnya dalam pembentukan produk domestik bruto dan penyerapan tenaga kerja.  Namun pengembangan UMKM masih menghadapi berbagai kendala, salah satunya terkait dengan akses keuangan.  Hal ini disebabkan oleh banyaknya pelaku UMKM yang tidak bankable, serta  keterbatasan UMKM untuk menghasilkan laporan keuangan yang menjadi alat utama lembaga keuangan menilai kelayakan kredit.

Berdasarkan kenyataan  tersebut Nobu Bank dengan jeli melihat peluang dan bekerja sama dengan Mbizmarket yang merupakan lokapasar pengadaan digital (marketplace e-procurement) dan memiliki jaringan ribuan mitra penjual yang notabene adalah pelaku  UMKM di seluruh Indonesia.

Keuntungan penyaluran KUR dari Nobu Bank melalui Mbizmarket salah satunya adalah prosesnya  yang cepat dan mudah. Pengajuan KUR yang dilakukan secara digital diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan kecepatan proses kredit yang mempermudah akses UMKM dalam mendapatkan modal usaha untuk mengembangkan usahanya.

“Pinjaman KUR hingga Rp 100 juta diberikan untuk para pelaku usaha UMKM yang telah bergabung di Mbizmarket dengan lama usaha lebih dari 6 (enam) bulan serta memenuhi ketentuan dan persyaratan kredit yang ditetapkan berdasarkan ketentuan pemerintah dan bank tentang KUR yang berlaku,”  jelas Steve Marciano Joe, Head of Retail Banking Nobu Bank dalam keterangan resminya di Jakaarta (26/7/2022).

Steve mengaku, proses pengajuan KUR cepat dan mudah, tanpa menggunakan agunan/barang jaminan, pencairan dilakukan secara cashless  langsung ke rekening Nobu Bank milik nasabah, serta tersedia pembayaran autodebet dari rekening  Nobu Bank.

Menurutnya, persyaratan dokumen yang diperlukan untuk pengajuan KUR terdiri atas e-KTP pemohon dan pasangan (apabila sudah menikah), kartu keluarga, akta nikah (apabila sudah menikah), dan Surat Keterangan Usaha / Nomor Induk Berusaha (SKU/NIB). Sedangkan untuk pinjaman di atas Rp 50 juta, diperlukan dokumen tambahan berupa NPWP. Keuntungan lain adalah angsuran pembayaran KUR dari Bank Nobu hanya dikenakan bunga 3% efektif per tahun berlaku hingga dengan 31 Desember 2022, serta  bebas biaya administrasi maupun biaya provisi hingga 31 Desember 2022. Selain itu prosesnya pengajuannya pun dilakukan secara digital (paperless), bahkan, setiap debitur tidak perlu datang ke kantor cabang  Nobu Bank.

Para pelaku usaha UMKM yang telah bergabung dan bertransaksi di Mbizmarket, akan mendapat kemudahan untuk mengakses pendanaan KUR dari Nobu Bank. Caranya mudah, UMKM yang memerlukan dana, cukup mengisi formulir elektronik (e-form) dan menyertakan kelengkapan data dan dokumen yang diperlukan. 

Berdasarkan persetujuan pelaku usaha, Nobu Bank  akan memberikan data digital transaksi dagang pelaku usaha  di Mbizmarket. Selanjutnya,  Nobu Bank akan melakukan evaluasi dan proses persetujuan kredit sesuai ketentuan pemerintah dan bank yang berlaku terkait program KUR ini.  “Kami berharap selanjutnya para pelaku usaha dapat memanfaatkan peluang ini, dengan meningkat transaksi di Mbizmarket, dan menjadikannya sebagai alat pencatatan transaksi dagang digital yang dapat bermanfaat di kemudian hari” ujar Rizal Paramarta, CEO Mbizmarket menambahkan.

Pemilik usaha Kana Snack dari  Yogyakarta, Ester Ratnawati Pakasy yang telah menerima manfaat KUR mengatakan, ”Lega dan  bersyukur  karena dengan program KUR kerja sama Nobu Bank dan Mbizmarket ini terbantu, khususnya terkait dengan tambahan dana, yang akan diperuntukan sebagai modal usaha.  Prosesnya cepat dan mudah, bunganya tidak mencekik.”

Hingga pertengahan Juni 2022, Mbizmarket tak kurang telah dimanfaatkan oleh 29 pemerintah provinsi dan 130 pemerintah kabupaten/ kota di seluruh Indonesia,  serta digunakan oleh  13 Kementerian Republik Indonesia untuk pengadaan barang dan jasa kebutuhan pemerintah.   Sementara itu,  Nobu Bank yang  terus konsisten mengembangkan UMKM di Indonesia  melalui berbagai kanal, termasuk kanal ekosistem digital.

Swa.co.id


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!