Manajemen Wings Group Pastikan Produk Mie Sedaap Tidak Mengandung Etilen Oksida

redaksiutama.com – Usai Hong Kong, produk Mie Sedaap ditarik peredaran jualnya di Singapura dan Malaysia karena bahan bumbunya diduga mengandung zat pestisida atau etilen oksida .

Head of Corporate Communications & CSR Wings Group Indonesia, Sheila Kansil menegaskan bahwa produk Mie Sedaap tidak mengandung bahan tersebut. Meski bahan etilen oksida kerap digunakan untuk agrikultur, tidak hanya di Indonesia namun negara-negara lain juga menggunakan zat tersebut.

“Kami ingin menyampaikan bahwa penggunaan etilen oksida adalah hal umum di industri agrikultur sebagai zat sterilizer atau anti mikroba pada rempah-rempah dan biji-bijian yang masih digunakan hingga saat ini di Amerika Serikat, Kanada, dan berbagai negara lainnya,” katanya melalui pernyataan tertulis, Selasa (11/10/2022).

“Namun demikian, Mie Sedaap memastikan tidak menggunakan etilen oksida di seluruh lini produksi. Mie Sedaap telah memenuhi standar keamanan pangan sehingga aman untuk dikonsumsi,” lanjut Sheila.

Pihak Wings Group memastikan keselamatan bagi masyarakat yang mengonsumsinya serta menjamin Mie Sedaap tetap aman dikonsumsi. “Keamanan pangan dan keselamatan konsumen adalah prioritas utama kami. Yakinlah bahwa kami akan selalu memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” ujar Sheila.

Selanjutnya, kata Sheila, Wings Group akan menelusuri negara-negara yang berupaya menarik produk Mie Sedaap.

“Kami selalu berupaya menjaga kualitas produk Mie Sedaap dan untuk menjaga kepercayaan konsumen, kami sedang melakukan investigasi lebih lanjut dengan otoritas dalam negeri maupun negara-negara yang bersangkutan,” ucapnya.

Mie Sedaap sebelum diedarluaskan, telah mengantongi Izin Badan Pengawas Obat & Makanan (BPOM), Sertifikat Halal (MUI), Sertifikasi ISO 22000 mengenai Standar Internasional Manajemen Keamanan Pangan, dan Sertifikasi ISO 9001 mengenai Standar Internasional Sistem Manajemen Mutu.

Diberitakan Kompas.com sebelumnya, Badan Pangan Singapura atau Singapore Food Agency (SFA) kembali menarik dua produk mi instan asal Indonesia merek Mie Sedaap pada Sabtu (8/10/2022).

Alasan Singapura menarik Mie Sedaap dari pasaran adalah karena ada penemuan etilen oksida dalam produk tersebut. Singapura sebelumnya telah menarik dua varian Mie Sedaap pada Kamis (6/10/2022) karena alasan yang sama, yakni ditemukan zat pestisida itu.

error: Content is protected !!