Kereta Cepat Mentok di Tegalluar, Mau ke Kota Bandung Naik Apa?

redaksiutama.com – Kereta cepat Jakarta-Bandung ditargetkan akan bisa digunakan di tahun 2023. Kereta cepat ini akan melintas ke beberapa stasiun sepanjang Jakarta-Bandung dan mentok di wilayah Tegalluar, Kabupaten Bandung.

Setidaknya, kereta cepat akan memulai perjalanan dari Stasiun Halim di Jakarta Timur. Kemudian, lanjut perjalanan ke Stasiun Karawang sebagai pemberhentian pertama, lalu Stasiun Padalarang pemberhentian kedua, dan terakhir mentok di Stasiun Tegalluar yang sekaligus menjadi depo kereta cepat.

Yang seringkali jadi pertanyaan adalah bagaimana cara agar masyarakat bisa ke tengah Kota Bandung dengan kereta cepat?

Pemerintah sendiri akan menyiapkan kereta feeder untuk ke Kota Bandung. Kereta feeder itu bisa dinaiki di Stasiun Padalarang, jadi bagi masyarakat yang mau ke Kota Bandung harus turun di Stasiun Padalarang dan melanjutkan perjalanan naik kereta ke Stasiun Bandung.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan kereta feeder ke Bandung dari Padalarang akan menempuh waktu selama 22 menit. Maka total waktu tempuh naik kereta cepat dari Jakarta ke Bandung bisa mencapai sekitar 50 menitan.

“Kita targetkan perjalanan kereta cepat dari Jakarta ke Bandung akan menempuh waktu 52 menit. Dari Jakarta ke Padalarang 30 menit dan dari Padalarang ke Bandung (menggunakan kereta feeder) 22 menit,” kata Budi Karya saat meninjau proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung awal Oktober lalu, dikutip dari keterangan resminya, Jumat (14/10/2022).

Budi Karya menyatakan beberapa pengembangan pun sudah dilakukan di Stasiun Padalarang. Sejumlah pembangunan prasarana perkeretaapian di Stasiun Padalarang sudah mulai dikerjakan.Pemerintah tengah melakukan sejumlah pembangunan seperti penataan rel atau emplasemen di stasiun-stasiun antara Stasiun Padalarang hingga Stasiun Bandung, penanganan perlintasan sebidang dengan membangun Flyover dan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di tiga titik yaitu di Ciroyom, Cimindi dan Pusdikpom, Cimahi.Jalur Stasiun Padalarang ke Stasiun Bandung sendiri sudah dilalui oleh kereta api lokal Bandung Raya yang dioperasikan oleh PT KAI Commuter. Jalur KA Padalarang-Bandung ini melewati sejumlah stasiun. Mulai dari Stasiun Gadobangkong, Stasiun Cimahi, Stasiun Cimindi, Stasiun Andir, Stasiun Ciroyom, dan Stasiun Bandung.

error: Content is protected !!