KemenKopUKM ajak masyarakat desa kembangkan produk unggulan

redaksiutama.com – Sekretaris Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Arif Rahman Hakim mengajak pemerintah desa dan masyarakatuntuk mengembangkan potensi produk unggulan wilayah termasuk desa wisata dan wisata alam.

Menurut Arif, desa wisata sangat prospektif untuk mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat tanpa mengeksploitasi secara berlebihan.”Kami harap sektor ini dapat menyumbangkan kontribusi besar bagi perekonomian masyarakat sekitar,” kataArif melalui keterangan resmi di Jakarta, Senin.

Arif mengatakan, masyarakat desa harus mampu mengorganisir potensi wilayah agar bisa dikembangkan menjadi sebuah produk unggulan daerah.”Jangan sekadar memproduksi bahan mentah atau bahan baku saja. Tapi harus memiliki nilai tambah,” ujarnya.Ia menyebutkan, ada program Perhutanan Sosial yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk ditanami berbagai macam tanaman yang menjadi produk unggulan sebuah desa.

“Petani bisa memanfaatkan lahan tersebut. Akan tetapi, jangan sendiri-sendiri, melainkan bergabung ke dalam sebuah wadah bernama koperasi,” tambahnya.Untuk itu, KemenKopUKM akan menggandeng sejumlah startup sektor pertanian dan perikanan untuk bekerja sama dan melakukan pendampingan dalam pemanfaatan lahan perhutanan sosial.

Ia mengatakan, mengembangkan destinasi wisata di Indonesia serta menggerakkan perekonomian masyarakat dari aktivitas pariwisata yang ramah lingkungan harus menjadi prioritas seluruh pihak untuk dilaksanakan.Hanya saja, tegas Arif, PR besar ini tidak dapat dilakukan sendiri, butuh kolaborasi multi pihak.”Kita harus terus memperkuat semangat kolaborasi dalam mengarusutamakan peran UMKM dalam perekonomian nasional,” paparnya.Dalam kesempatan yang sama, anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah M Iskhak sepakat dengan SesKemenKopUKM untuk mengajak masyarakat desa menjaga kelestarian alam.”Karena, kerusakan hutan akan menyebabkan erosi dan tanah longsor,” ucapnya.

error: Content is protected !!