Kemenhub buka Terminal 2 Bandara Soetta untuk penerbangan luar negeri

redaksiutama.com – Kementerian Perhubungan membuka Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten untuk melayani penerbangan internasional saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan langkah tersebut untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan penumpang atau wisatawan dari mancanegara ke Indonesia, maupun sebaliknya di Terminal 3 yang sebelumnya khusus melayani penerbangan internasional.

“Kita upayakan terutama Soekarno-Hatta kita rebalancingdari Terminal 3 ke Terminal 2F tepatnya, sehingga penerbangan internasional tidak tertumpu pada terminal 3 saja,” kata Menhub Budi Karya Sumadi saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin.

Menhub menjelaskan dengan dilakukannya distribusi penumpang tersebut, penerbangan untuk umroh kini juga dilakukan di Terminal 2F.

Guna mengakomodasi jumlah penumpang umroh di kedua terminal itu, Kementerian Perhubungan juga membuka ruang tunggu (lounge) untuk memfasilitasi para pengantar umroh, sehingga mereka dapat menunggu hingga berjam-jam dengan nyaman.

Selain melakukan pembagian ruang tunggu penumpang, Kemenhub dan Angkasa Pura II akan mengoptimalkan runwayketiga di Bandara Soekarno-Hatta untuk meningkatkan kapasitas jumlah pesawat dan mengurangi antrean.

Runway ketiga ini harus kita optimalkan agar jumlah kapasitas dan antrean dari pesawat relatif lebih bagus. Kita juga minta AP II dan kawan-kawan untuk meningkatkan ground handling. Itu yang kadang-kadang sebabkan keterlambatan,” kata Menhub.

Menhub menambahkan beberapa peningkatan layanan di Bandara Soekarno-Hatta ini dilakukan setelah adanya instruksi dari Presiden Joko Widodo untuk menambah slot penerbangan demi mengantisipasi lonjakan wisatawan domestik dan mancanegara.

Saat ini, layanan penerbangan dalam negeri sudah mencapai 71 persen dibandingkan sebelum pandemi. Pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta pun mencapai 1.040 sampai 1.050 pergerakan atau 90 persen dari kapasitas yang ada.

error: Content is protected !!