Kemarin, kesiapan kereta cepat dipastikan Jepang G20 dan inflasi inti

redaksiutama.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kesiapan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) menjelang pelaksanaan showcase Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 menjadi salah satu berita yang paling banyak dibaca kemarin, Sabtu (1/10).

Di samping itu, Bank Indonesia (BI) memproyeksikan inflasi inti yang saat ini dalam tren kenaikan, akan kembali ke kisaran target bank sentral yakni tiga persen plus minus satu persen pada kuartal ketiga tahun depan juga cukup populer.

Berikut berita-berita ekonomi populer kemarin yang masih layak disimak, selengkapnya:

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kesiapan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) menjelang pelaksanaan showcase Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

“Apa yang saya lakukan hari ini, Sabtu (1/10) adalah memastikan bahwa kunjungan Pak Presiden Indonesia Joko Widodo dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping bisa dilaksanakan dan apa yang sudah dipersiapkan oleh PT KCIC bisa berjalan dengan baik,” ujar Budi Karya di Tegalluar, Bandung, Jawa Barat pada Sabtu.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bangga Indonesia menjadi negara pertama di kawasan ASEAN yang memiliki kereta cepat yakni Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

“Suatu kebanggaan bahwa Indonesia menjadi negara pertama yang memiliki dan mengoperasikan kereta cepat di ASEAN,” ujar Budi Karya di Tegalluar, Bandung, Jawa Barat pada Sabtu.

Bank Indonesia (BI) memproyeksikan inflasi inti yang saat ini dalam tren kenaikan, akan kembali ke kisaran target bank sentral yakni tiga persen plus minus satu persen pada kuartal ketiga tahun depan.

“Kami yakini dengan langkah-langkah stabilisasi yang kami lakukan saat ini paling tidak pada triwulan III 2023 nantinya inflasi inti akan kembali ke kisaran sasaran tiga persen plus minus satu persen,” kata Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Wahyu Agung Nugroho saat diskusi dengan awak media di Ubud, Bali, Sabtu.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) bekerja sama dengan Norwegian Food Safety Authority (NSFA) dalam penjaminan kesehatan ikan serta mutu dan keamanan hasil perikanan.

“Indonesia dan Norwegia terutama BKIPM dan NFSA sebenarnya telah memiliki sejarah hubungan yang baik dalam kerangka kerja sama bilateral kedua institusi dalam bidang mutu dan keamanan pangan. Hal ini disepakati untuk diformalkan dalam bentuk ‘Mutual Recognition Arrangement’ atau MRA,” kata Kepala BKIPM Pamuji Lestari dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Bank Indonesia (BI) optimistis nilai tukar Rupiah ke depan bisa lebih stabil meski tekanan dari eksternal masih relatif tinggi.

Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Wahyu Agung Nugroho mengatakan, tekanan yang terjadi pada Rupiah saat ini tidak terlepas dari ketidakpastian pasar keuangan global.

Namun, dengan kinerja ekspor yang kuat serta langkah-langkah stabilisasi BI melalui intervensi di spot market ataupun Domestic Non Deliverable Forward (DNDF), depresiasi Rupiah dinilai relatif lebih aman dari negara berkembang lain.

error: Content is protected !!