Jawa Tengah Jadi Primadona Relokasi Pabrik dari Berbagai Daerah, Ganjar: Ada 97 Perusahaan

redaksiutama.com – Di tengah lesunya penurunan ekspor di industri padat karya, Jawa Tengah justru masih stabil bahkan banyak perusahaan yang merelokasi pabriknya ke wilayah tersebut.

Hal itu diungkap oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo , bahwa ada puluhan perusahaan memilih Jateng sebagai tempat relokasi pabrik yang sebelumnya berada di daerah lain.

“Hingga akhir tahun ini setidaknya sudah ada 97 perusahaan yang merelokasi pabriknya ke berbagai daerah di Jateng ,” ucap Ganjar di Semarang, Kamis.

Menurut Ganjar, ekspansi besar-besaran pabrik ke wilayahnya itu merupakan bukti kepercayaan para investor kepada Pemprov Jateng .

Maka dari itu, kata dia, diperlukan upaya menjaga kepercayaan para investor di tengah kondisi bagus seperti ini, dengan cara menjaga iklim industri yang kondusif.

“Ini mesti dijaga dan kami juga sudah mendapatkan informasi beberapa pabrik yang ada di tetangga kiri-kanan sudah mengurangi produksi. Menariknya di Jawa Tengah masih stabil bahkan kemarin kurang lebih ada 97 perusahaan yang relokasi ke Jateng , gede itu,” tuturnya, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Ganjar menilai banyaknya industri yang pindah pabrik ke Jateng bakal menyerap tenaga kerja yang semakin banyak. Hasilnya, perimbangan pun akan terjadi, salah satunya berkaitan dengan UMK yang nantinya tidak terpaut jauh antara daerah satu dengan lainnya.

“Tentu saja itu akan terjadi jika produktivitas dan kapasitas industri terus terjaga atau konsisten,” katanya.

Produktivitas yang dijalankan dengan konsisten serta didukung situasi kondusif di Jateng menurut Ganjar akan menambah kepercayaan dan jaminan munculnya industri-industri baru di wilayah tersebut.

Pada akhirnya, pekerjaan rumah membuka lapangan kerja dapat ditingkatkan dengan kepercayaan para investor merelokasi pabriknya di Jateng .

“Hitung-hitungan saya sampai dengan akhir tahun depan itu PR saya yang mesti dikejar salah satunya adalah lapangan pekerjaan. Nah ini kami bukakan,” ucap Ganjar.

Saya terima kasih dari kawan-kawan banyak yang kemudian ekspansi pabriknya ke banyak tempat di Jawa Tengah. Inikan ada di Jepara, Pemalang, Batang,” kata dia lagi.***

error: Content is protected !!