Inflasi Diramal Tinggi, Uni Ero Pangkas Prospek Pertumbuhan Ekonomi

Brussels: Para Menteri Keuangan Zona Euro mengatakan perjuangan melawan inflasi adalah prioritas saat ini meskipun pertumbuhan di blok itu berkurang. Hal itu karena mereka diberitahu tentang prospek ekonomi yang memburuk oleh Komisi Eropa.
 

Wakil Presiden Komisi Valdis Dombrovskis di sela-sela pertemuan mengatakan pada pertemuan bulanan reguler yang disebut Eurogroup, eksekutif Uni Eropa memberikan pembaruan perkiraan ekonominya, menunjukkan pertumbuhan yang lebih lambat dan inflasi yang lebih tinggi.

 
“Kita bisa memperkirakan beberapa revisi turun, terlebih lagi untuk tahun depan,” kata Dombrovskis, menambahkan pertumbuhan tetap tangguh, dilansir dari Antara, Selasa, 12 Juli 2022.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan inflasi akan direvisi naik, mengantisipasi substansi perkiraan Komisi, yang akan diumumkan pada Kamis, 14 Juli. Komisaris ekonomi Paolo Gentiloni memperingatkan risiko terhadap ekonomi meningkat karena Rusia dapat memotong pasokan gasnya ke Eropa.

Dia menambahkan Brussels dapat mengadopsi sejumlah langkah untuk mengurangi tekanan inflasi dari impor gas, termasuk batas harga, meskipun belum ada keputusan yang dibuat mengenai hal itu.
 

Pada Mei Komisi telah memangkas perkiraan pertumbuhannya untuk 19 negara yang berbagi euro menjadi 2,7 persen tahun ini dari 4,0 persen yang diprediksi pada Februari, dan menjadi 2,3 persen tahun depan dari 2,7 persen, dalam penilaian pertamanya tentang dampak perang di Ukraina pada ekonomi blok.
 

Inflasi Mei diperkirakan menjadi 6,1 persen untuk tahun ini, yang dengan sendirinya merupakan kenaikan besar dari perkiraan sebelumnya 3,5 persen. Terlepas dari penurunan lebih lanjut dalam pertumbuhan ekonomi, para menteri fokus memerangi inflasi.
 

Kondisi itu menunjukkan keinginan untuk beralih lebih jauh dari stimulus ekonomi besar-besaran yang ditawarkan selama fase akut pandemi covid-19. “Prioritasnya adalah menahan inflasi,” kata Menteri Ekonomi Spanyol Nadia Calvino kepada wartawan sebelum pertemuan.
 

Inflasi menjadi perhatian utama dan akan tetap pada tingkat tinggi juga tahun depan, kata Menteri Keuangan Belanda Sigrid Kaag. Untuk melawan meroketnya harga-harga, diperkirakan oleh Eurostat sebesar 8,6 persen di tahun ini pada Juni, para menteri mendorong kehati-hatian fiskal.
 

“Nasihat fiskal harus mengakui bahwa kita telah menjauh dari kebutuhan untuk membantu perekonomian,” pungkas seorang pejabat

 

(ABD)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!