IHSG Masih Berpotensi Bearish, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

redaksiutama.com – Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG ) ditutup melemah 60,51 poin atau 0,85 persen ke posisi 7.020,80 pada sesi perdagangan Kamis (1/12/2022) kemarin. Koreksi ini utamanya disebabkan oleh indeks sektor keuangan dan teknologi yang anjlok.

Penurunan indeks bursa saham nasional selaras dengan nilai net sell investor asing yang mencapai Rp 1,2 triliun. Saham GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) menjadi yang paling banyak dilepas asing, dengan net sell sebesar Rp 472,65 miliar.

Kemudian, saham Bank Central Asia (BBCA) dilepas asing dengan nilai sebesar Rp 405,1 miliar. Lalu, saham Telkom Indonesia (TLKM) tercatat net sell sebesar Rp 218,29 miliar.

Adapun pada sesi perdagangan Jumat (2/12/2022) hari ini, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya memproyeksi, IHSG kembali bergerak sideways. Salah satu sentimen yang akan mempengaruhi pergerakan indeks bursa saham nasional ialah fluktuasi nilai tukar rupiah.

“Dalam jangka menengah hingga panjang IHSG masih memiliki potensi kenaikan sehingga peluang koreksi wajar masih dapat dimanfaatkan oleh para investor untuk melakukan akumulasi pembelian untuk saham – saham yang memiliki fundamental kuat dan likuiditas tinggi,” tutur dia, dalam risetnya, Kamis.

Namun selama rentang konsolidasi belum mampu digeser ke arah yang lebih baik maka para investor disarankan untuk tetap waspada. William memprediksi, pada hari ini IHSG bergerak pada rentang 7.011-7.157.

“Hari ini IHSG cenderung melemah terbatas,” katanya.

Adapun secara teknikal, Analis Bina Artha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan, IHSG menghadapi zona support 6.988-7.000, di mana penutupan harian di atasnya akan mempertahankan peluang rebound menuju 7.080 kembali. Akan tetapi pelemahan ke bawah zona support tersebut dapat memperpanjang pola koreksi menuju support berikutnya di 6.937.

“Level support IHSG berada di 6.988, 6.937 dan 6.892, sementara level resistennya di 7.100, 7.128-7.137 dan

7.200. Berdasarkan indikator MACD mengindikasikan momentum bearish,” tuturnya.

Menurutnya, saham yang menarik untuk dicermati untuk perdagangan hari ini ialah, BBNI, BBRI, CPIN, GOTO, dan HRUM. Sementara itu William merekomednasikan ASII, ITMG, INDF, AALI, AKRA, SMGR, TBIG, dan SMRA.

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

error: Content is protected !!