Dishub NTT: Layanan Damri rute Kupang-Dili mulai beroperasi November

redaksiutama.com – Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Timur Isyak Nuka mengatakan layanan transportasi bus Damri rute Kota Kupang-Dili, Timor Leste,mulai beroperasi pada November 2022.

“Layanan Damri untuk rute Kupang-Dili PP akan beroperasi mulai bulan November 2022 menggunakan 2 unit bus,” katanya ketika dihubungi di Kupang, Rabu.

Ia mengatakan uji coba layanan Damri sudah dilakukan pada 10-11 Oktober 2022 oleh tim Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dan pihak Pemerintah Timor Leste.

Uji coba pelintasan, kata dia untuk melihat secara langsung hal-hal yang harus dibuat dan dilengkapi sehingga nantinya dapat memberikan pelayanan transportasi lintas negara yang aman dan lancar bagi masyarakat.

Ia menyebutkan dua unit bus Damri masing-masing berkapasitas 16 penumpang akan beroperasi di jalur darat dari Kupang menuju Atambua, Kabupaten Belu, kemudian menuju Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Mota’aindan selanjutnya ke Dili.

“Untuk kebutuhan terkait teknis operasional saat ini masih digodok bersama antara Pemerintah Indonesia dan Timor Leste yang pada prinsipnya mengutamakan pelayanan yang aman, lancar, dan selamat,” katanya.

Isyak mengatakan Pemerintah Provinsi NTT menyambut gembira layanan transportasi darat antarnegara di Pulau Timor tersebut yang akan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat.

“Ekonomi kita di NTT maupun Timor Leste akan semakin berkembang dengan adanya kemudahan akses transportasi ini,” katanya.

Layanan transportasi darat ini, kata dia juga dapat memacu peningkatan arus kunjungan wisatawan mancanegara yang masuk dari Timor Leste ke Indonesia melalui NTT.

error: Content is protected !!