Diplomat G20 menang pengaruh pada isu konflik Rusia-Ukraina

Dengan keanggotaannya yang lebih luas, termasuk negara-negara seperti tuan rumah Indonesia dan negara-negara berkembang besar seperti India, Brasil, Afrika Selatan, dan lainnya, G20 jauh lebih beragam, skeptis terhadap niat Barat dan lebih terbuka terhadap permohonan dan tawaran dari tetangga besar seperti China dan Rusia dan lebih rentan terhadap ancaman mereka. Lainnya yang hadir meliputi: Argentina, Australia, Kanada, Italia, Meksiko, Arab Saudi, Korea Selatan, Turki, dan Uni Eropa.

Mencoba untuk mengambil jalan tengah, Presiden G20 tahun ini, Indonesia, telah mencoba menjembatani kesenjangan yang mungkin terjadi, dengan menyusun agenda yang tidak bersifat memecah belah atau politis. Negara tersebut telah berusaha untuk tetap netral dalam menangani invasi Rusia ke Ukraina, dan Presiden Joko Widodo telah dijaga dalam komentarnya.

Widodo adalah pemimpin Asia pertama yang mengunjungi negara-negara yang bertikai dan atas desakan Barat telah mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy ke KTT November bersama dengan Putin, berharap untuk menenangkan semua pihak dan membatasi gangguan dari agenda forum. Masih belum jelas apakah keduanya akan hadir, meskipun topik itu pasti akan dibahas pada pertemuan para menteri luar negeri.

Tetapi seperti yang sering terjadi, peserta terbesar akan mengontrol pesan pada pertemuan ini, dan China, Rusia, dan AS berjuang untuk supremasi. Sementara Blinken tidak akan bertemu dengan Lavrov dan belum bertemu dengan mitranya dari Rusia sejak sebelum perang Ukraina, dia akan bertemu pada Sabtu dengan Menteri Luar Negeri China Wang.

AS dan China berada pada perselisihan yang parah dan memburuk atas berbagai masalah, mulai dari tarif dan perdagangan dan hak asasi manusia, hingga Taiwan, dan perselisihan di Laut China Selatan. Para pejabat AS mengatakan mereka tidak mengharapkan pertemuan pada Sabtu menghasilkan terobosan apa pun mengenai masalah ini, tetapi menyatakan harapan akan membantu menjaga jalur komunikasi tetap terbuka dan menciptakan “pagar pembatas” untuk memandu dua ekonomi terbesar dunia itu, saat mereka menavigasi masalah yang semakin kompleks dan berpotensi meledak.

Namun, pada Rabu (6/7), China melancarkan serangan pedas terhadap AS dan NATO, hanya beberapa hari sebelum pertemuan, dengan China.

Kementerian Luar Negeri China menyatakan bahwa Washington “mengamati aturan internasional hanya jika dianggap cocok.” Juru bicara kementerian Zhao Lijian mengatakan “apa yang disebut tatanan internasional berbasis aturan sebenarnya adalah aturan keluarga yang dibuat oleh segelintir negara untuk melayani kepentingan AS sendiri.”

Sementara Blinken bertemu dengan Wang, dan rekan-rekannya dari India, Indonesia dan Argentina di Bali. Di sisi lain, Lavrov juga memiliki agenda penuh. Diplomat top Rusia itu bertemu dengan Wang pada Kamis dan telah menjadwalkan pembicaraan dengan para menteri luar negeri dari Meksiko, Afrika Selatan dan Brasil.

Sumber : Associated Press


Artikel ini bersumber dari www.alinea.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!