CEO Kohler: Indonesia Pasar Sanitary yang Penting

CEO Kohler: Indonesia Pasar Sanitary yang Penting
David Kohler, CEO dan Presiden Kohler

Untuk pertama kalinya di Indonesia, Kohler Co.,  perusahaan global  dalam desain dan manufaktur produk-produk dapur dan kamar mandi, membuka Kohler Experience Center (KEC) di Jakarta. KEC menawarkan pengalaman ritel eksklusif dengan koleksi global lengkap produk-produk Kohler melalui galeri produk, display produk interaktif serta pengalaman spa.

Pembukaan KEC perdana ini dihadiri langsung oleh David Kohler, CEO dan Presiden Kohler sekaligus generasi keempat pemilik perusahaan yang berusia hampir 150 tahun ini.

Berikut ini adalah nukilan wawancara dengan orang nomor satu di perusahaan sanitary asal Amerika Serikat itu yang dilakukan beberapa waktu lalu di Kantor Kohler Jakarta.

Bisa dijelaskan konsep Kohler Experience Center di Jakarta ini?

Ini adalah Kohler Eexperience Center (KEC) pertama di Indonesia dan kami sudah memiliki 12 KEC seperti ini di seluruh dunia, empat di antara berada di Asia Pasifik. Tetapi idenya adalah untuk benar-benar menjadi puncak dari showcase desain dan showcase desain yang imersif bagi Kohler.  Mengapa disebut experience,  karena ini elemen yang sangat esensial. Experience area di mana pengunjung bisa masuk dan menggunakan produk-produk kami. Ini adalah salah satu yang terbaik di dunia dalam hal aspek pengalamannya.

Pengunjung bisa mencoba berbagai shower, bathtub, toilet, produk yang didesain khusus untuk kaum Muslim, yang disebut Rivlet, untuk berwudhu, cuci kaki dan lainnya. Jadi ada area experience,  kami menampilkan bagian yang berbeda-beda dan konsumen bisa memiliki waktu pribadi untuk merasakan produk-produk kami.

Selain memiliki showcase yang sangat luas dari semua lini produk kami, serta berbagai suite dan koleksi yang berbeda, satu hal unik  karena kami menggunakan tiga desainer terkenal Indonesia untuk membuat suite atau area koleksi warisan Indonesia yang spesifik. Kemudian, kami menampilkan seniman Indonesia yang membuat karya seni indah di dua area. Jadi ini adalah konsep desain yang menarik karena sangat banyak memanfaatkan budaya dan warisan Indonesia dalam desain KEC.

Apa saja tiga perusahaan desainer yang terlibat di KEC?

Tiga perusahaan berbeda yang kami gunakan, salah satunya adalah DCM, Hadiprana, dan Jie Design.  Kami juga menggunakan firma desain yang berbasis di London untuk mendesain seluruh KEC, yaitu GA Group. Mereka banyak melakukan desain dan arsitektur di seluruh dunia. Mereka mendesain KEC dengan sentuhan Indonesia. Jadi,  banyak elemen dalam KEC ini, semacam perjalanan keliling Indonesia dan pengunjung  bisa melihat berbagai tema di sana.

Kami mencoba membuat setiap KEC unik untuk jenis budayanya, baik itu kota atau negara, dan yang satu ini sangat kental dalam tradisi Indonesia.

Berapa nilai investasi pembukaan sebuah KEC?

Secara keseluruhan dengan fasilitas manufaktur yang kami miliki di sini dan semua investasi lain, kami telah menginvestasikan lebih dari US$100 juta di Indonesia dalam lima tahun terakhir.

Kami sangat ingin menjadi brand terkemuka di market Indonesia. Kami menargetkan konsumen yang memiliki selera desain yang tinggi dan benar-benar mencari desain dan teknologi terdepan dengan kualitas terbaik. Namun, kami percaya seiring berjalannya waktu karena kepekaan desain di market Indonesia, kami dapat menjadi salah satu brand terkemuka di market Indonesia dalam lima tahun ke depan.

Kami punya experience center di London di Eropa, Los Angeles, Bangkok, Delhi, Mumbai, Taipei, Singapura, Shanghai, dan sebagainya.

Bagaimanaa komitmen Kohler terhadap pasar Indonesia?

Di Indonesia, kami memiliki sejumlah showroom dan KEC kami dirikan di Jakarta. Ini adalah Experience center terbaik se-Indonesia. Ini adalah tempat yang luar biasa. 800 meterpersegi dan menampilkan berbagai produk yang sangat luas. Jadi, ketika kita melihatnya akan mengerti. Ini adalah ruang yang indah, dirancang dengan baik dan secara keseluruhan  akan melihat beragam ide desain, bahan, dan produk ditambah aspek pengalaman. Ini adalah ruang yang sangat unik dan menyatu, benar-benar merupakan cerminan dari perusahaan kami dalam memadukan teknologi, memadukan desain, seni,  heritage, budaya. Jadi ini adalah ruang yang sangat menginspirasi.

KEC pertama di Indonesia dinamakan KEC Jakarta diluncurkan pada 9 Agustus 2022, bertempat di Chubb Square, Thamrin Nine Plaza, Jakarta. KEC Jakarta merupakan KEC ke-12 di seluruh dunia dan keempat di kawasan Asia Pasifik. KEC akan menjadi sumber daya penting bagi industri dan para pelanggan di pasar yang sangat berpengaruh ini, serta mengukuhkan komitmen Kohler untuk menyediakan layanan tak tersaingi bagi para arsitek, desainer. pengembang, dan konsumen.

Bagaimana komitmen Kohler dalam bisnis yang berprinsip ESG dan keberlanjutan?

Kami pikir ESG dan keberlanjutan sangat penting bagi perusahaan kami dan masyarakat. Jadi kami mengambil komitmen itu dengan sangat serius, dalam cara kami menjalankan perusahaan, dari aspek lingkungan, sosial dan tata kelola. Dalam perusahaan, kami memiliki standar tertinggi dan tujuan yang sangat ambisius.

Jadi dari sudut pandang keberlanjutan, kami telah membuat komitmen untuk mencapai net zero pada 2035. Begitul halnya dalam jejak lingkungan, dalam hal limbah air, dan jejak karbon. Dan itulah salah satu alasan kami juga membangun fasilitas ini di Indonesia untuk pembuatan keramik, karena kami dapat menggunakan bahan-bahan lokal, kami dapat mengurangi ketergantungan pada pengiriman internasional untuk membawa produk masuk dan mengembangkan footprint yang lebih berkelanjutan di Indonesia dari waktu ke waktu.

Jadi perusahaan kami sangat berkomitmen terhadap keberlanjutan dalam produk yang kami desain. Kami merancang produk agar lebih berkelanjutan, lebih hemat air, dan lebih baik bagi lingkungan dan bagaimana produk tersebut dibuat dan kemudian dapat didaurulang pada akhir masa pakainya. Kami percaya bahwa desain yang hebat adalah harmoni. Ini adalah kombinasi bentuk, atau bentuk estetika desain dan fungsi dan harmoni dengan alam yang kita butuhkan.

Apa kelebihan KEC dibandingkan experience center pada umumnya?

Desain adalah hal yang personal. Jika Anda ke KEC, Anda akan melihat hal-hal yang menciptakan gerakan dalam diri Anda, seperti warna, tekstur, sentuhan akhir. Jadi apa yang paling dikagumi akan berbeda tergantung pada pelanggan dan minat mereka. Dan hal yang hebat dari Kohler adalah luas area dan kelengkapan produk serta fasilitas.

Saya rasa tidak ada manufaaktur lain di industri ini yang memiliki koleksi desain dan vernakular desain yang berbeda dari yang sangat tradisional hingga yang sangat kontemporer, dari artistik hingga teknologi yang sangat tinggi, dengan cara yang berbeda, dengan bahan yang kami produksi. Jadi, Anda akan dapat melihat rangkaian ide dan desain produk terluas di industri ini.

Salah satu hal yang unik adalah kami telah merancang sejumlah produk Muslim yang sangat unik untuk tradisi wudhu sebelum melakukan shalat.  Ini adalah awal yang unik untuk portofolio yang sangat spesifik di  Indonesia dan negara-negara Muslim, dan merupakan bagian penting dari budaya penduduk di Indonesia dan di seluruh dunia.

Jadi, pikirkan tentang bagaimana kaum Muslim dapat menggunakan produk kami secara teratur, dan bagaimana kami dapat membuat hidup mereka lebih baik dan menyenangkan dalam hal fungsionalitas. Jadi itulah yang kami upayakan. Jadi desainer kami mulai bekerja dan belajar dan meneliti dan ini hanyalah awal dari evolusi strategi produk dari waktu ke waktu. Tapi itu membantu membuat kami menjadi unik di market.

Kami akan terus fokus pada apa yang membuat Kohler unik. Ke depan, kami sangat fokus pada desain terdepan dan tingkat kualitas. Kami juga akan terus memberikan layanan dan dukungan yang sangat baik untuk pra-penjualan dan purna jual. Jadi konsumen dan pengembang dan pedagang dapat memahami dan mengalami bahwa mereka akan mendapatkan layanan dan dukungan terbaik di market.

Kami akan terus membangun kelompok talenta luar biasa yang sangat kuat dari tim dan associate kami di Indonesia. Kami juga bermitra dengan beberapa perusahaan distribusi terbaik di negara ini. Mereka akan menciptakan akses dan ruang luar biasa serta dukungan bagi pelanggan di market.

Bagaimana awal mula bisnis Kohler?

Didirikan tahun 1873 dengan kantor pusat di Kohler, Wisconsin, Kohler Co. adalah salah satu perusahaan swasta tertua dan terbesar di Amerika Serikat dengan lebih dari 40.000 rekanan. Dengan lebih dari 50 lokasi manufaktur di dunia, Kohler adalah pemimpin global dalam bidang desain, inovasi dan manufaktur produk dapur dan kamar mandi; mesin, sistem kelistrikan, dan solusi energi bersih; lemari mewah; ubin dan pencahayaan; serta pemilik/operator dua hotel bintang lima dan destinasi resort golf di Kohler, Wisconsin dan St. Andrews, Skotlandia. Perusahaan juga mengembangkan solusi untuk menjawab isu-isu mendesak, seperti masalah air bersih dan sanitasi untuk masyarakat yang kurang beruntung di seluruh dunia demi meningkatkan kualitas.

Swa.co.id


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!