Berapa Harta Ciliandra Fangiono? Orang Paling Kaya Termuda di RI

redaksiutama.com – Peringkat 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes pada tahun 2022 masih didominasi oleh pengusaha veteran. Deretan orang kaya tersebut memiliki usia rata-rata 60-80 tahun ke atas.

Dari sosok-sosok tersebut ternyata ada sosok pengusaha muda yang menarik perhatian. Usianya baru 46 tahun, tetapi dirinya telah mengantongi harga hingga US$ 2,2 miliar atau setara dengan Rp 34,32 triliun (kurs Rp 15.600/dolar AS).

Dia adalah Ciliandra Fangiono. Dengan kekayaannya yang mencapai Ro 34,32 triliun itu, sosoknya berhasil menempati urutan ke-20 dalam daftar orang terkaya di Indonesia 2022 versi Forbes.

Melansir dari Forbes, Ciliandra Fangiono merupakan CEO dari First Resources, sebuah perusahaan minyak sawit yang terdaftar di Singapura dengan perkebunan di Indonesia.

Keluarga Fangiono memiliki saham mayoritas di First Resources, di mana ayahnya Martias yang sebelumnya telah mendirikan perusahaan tersebut lebih dari dua dekade lalu.

Sebelum bergabung dengan bisnis keluarga, Ciliandra bekerja di divisi perbankan investasi Merrill Lynch di Singapura. Dia adalah Sarjana Ekonomi Senior dan dianugerahi Hadiah Buku PriceWaterhouse saat di Universitas Cambridge.

Adapun sebagian besar harta kekayaannya ini ia dapatkan setelah pada tahun 2021 lalu keluarga tersebut mengumumkan perusahaan perkebunan kelapa sawitnya FAP Agri, yang dikendalikan oleh kakak perempuan Ciliandra, Wirastuty.

Sebagai informasi, sebelumnya pada 2020 Ciliandra tercatat memiliki harta kekayaan mencapai US$ 1,1 miliar (Rp 17,16 triliun). Setelahnya pada 2021 harta kekayaannya tercatat terus meningkat hingga US$ 1,8 miliar (Rp 28,08 triliun).

error: Content is protected !!
Exit mobile version