Beli Solar Subsidi Wajib Pakai MyPertamina, Pertalite Masih Tunggu Ini

redaksiutama.com – Pembelian solar subsidi mulai uji coba menggunakan QR code MyPertamina. PT Pertamina (Persero) mengatakan uji coba dilakukan mulai 1 Desember 2022 dan masih terbatas hanya di 11 Kabupaten/Kota.

Uji coba ini memang bertahap baru dilakukan untuk pembelian solar subsidi. Sementara untuk pembelian pertalite belum dilakukan.

“Uji coba masih sebatas untuk solar dan dilakukan di 11 kota/kabupaten,” kata Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting, kepada detikcom, Sabtu (3/12/2022).

Berdasarkan pengumuman di akun Instagram @mypertamina, bagi yang sudah mendaftarkan kendaraannya di aplikasi MyPertamina, hanya perlu menunjukan QR Code atau Kode QR kepada petugas SPBU Pertamina.

Petugas akan melakukan scan sebelum melakukan transaksi. Masyarakat juga bisa menunjukkan QR Code yang dicetak atau print kepada petugas. Sementara kendaraan yang belum terdaftar masih akan tetap dilayani. Hanya saja pembelian BBM solar subsidi dibatasi 40 liter per hari.

“Kami menghimbau masyarakat untuk segera mendaftarkan kendaraannya melaluisubsiditepat.mypertamina.id atau melalui posko pendaftaran yang tersedia di SPBU,” lanjut Irto.

Untuk pertalite, Irto mengatakan belum diwajibkan menggunakan MyPertamina. Pihaknya masih menunggu hasil revisi Peraturan Presiden RI Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Paralel kami masih menunggu revisi Perpres 191/2014,” lanjutnya.

Berikut ini daftar 11 wilayah yang uji coba pembelian solar dengan QR Code MyPertamina:1. Kabupaten Pandeglang2. Kabupaten Ciamis3. Kabupaten Kuningan4. Kabupaten Jepara5. Kabupaten Cilacap6. Kabupaten Wonogiri7. Kota Mojokerto8. Kota Kediri9. Kabupaten Lumajang10. Kota Banjarmasin11. Kota Payakumbuh

Cara daftar MyPertamina

1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan yaitu: KTP, STNK, Foto Kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya2. Buka websitesubsiditepat.mypertamina.id3. Centang informasi memahami persyaratan4. Klik daftar sekarang5. Ikuti instruksi dalam website tersebut6. Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala7. Apabila sudah terkonfirmasi, unduh (download) kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina.

error: Content is protected !!