Bakrie Tunda IPO Anak Usaha Saingan Tesla, Ini Alasannya

redaksiutama.com – Anak usaha PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR), yaitu PT VKTR Teknologi Mobilitas menunda rencana pencatatan saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) hingga awal tahun depan.

Direktur Utama dan CEO BNBR Anindya N. Bakrie menyebut, aksi korporasi anak usahanya tersebut akan dilakukan saat waktu yang cocok.

“Bukan hanya mengatakan kalau rencana IPO ini bukan hanya soal investor, tapi juga approval dari BEI dan OJK. Awal tahun akan jadi waktu yang tepat,” jelas Anindya dalam Paparan Publik, Selasa (13/12/2022).

Menurutnya awal tahun jadi waktu yang sangat tepat karena semangat dan animo baru. Apalagi pada 2023 juga akan jadi tahun yang besar bagi BNBR karena akan menjadi tahun terakhir perusahaan tersebut melakukan restrukturisasi utang sebesar Rp 12 triliun.

“Kami sudah menunjuk penjamin emisi dan semua penunjang serta melakukan komunikasi intensif dengan BEI dan OJK,” tegas Anindya.

Menurut Anindya, Vektor sudah menunjuk Samuel Sekuritas dan Trimegah untuk menjadi Penjamin Emisi IPO Vektor. Untuk diketahui, IPO Vektor akan menjadi bukti keseriusan BNBR pada proyek elektrifikasi transportasi dengan mengembangkan bus listrik untuk sarana transportasi publik. Di awal tahun ini, sebanyak 30 unit bus listrik dari BYD-VKTR telah beroperasi di Jakarta sebagai bagian dari armada operasional TransJakarta.

Saat ini, VKTR tengah memacu kerja sama dengan banyak pihak, sebagai salah satu strategi Perseroan untuk membangun ekosistem industri elektrifikasi yang lengkap dan kuat dari hulu hingga hilir.

“Selain dengan BYD Auto dan perusahaan karoseri lokal Tri Sakti, melalui VKTR, kami telah berinvestasi dan bekerjasama dengan perusahaan teknologi retrofit dan heavy mobility dari Inggris Equipmake dan produsen baterai ramah lingkungan BritishVolt, juga asal Inggris. Di sisi lain, VKTR juga baru-baru ini telah menandatangani kesepakatan dengan beberapa perusahaan pemasok bahan baku baterai, termasuk perusahaan daerah,” jelas Anindya.

error: Content is protected !!