Ada Puluhan, Ini BUMN yang Buka Lowongan Kerja dan Syarat Lengkapnya!

redaksiutama.com – Menteri BUMN Erick Thohir telah mengumumkan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) akan melakukan Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) jilid dua bulan ini. Menurutnya, ada sekitar 38 lebih perusahaan yang bakal membuka lowongan kerja dalam rekrutmen besar-besaran ini.

Semua perusahaan pelat merah itu akan siap menerima ratusan calon pegawai baru. Erick bilang setidaknya ada 898 calon pegawai yang dicari oleh puluhan BUMN di berbagai posisi.

“RBB memungkinkan jangkauan rekrutmen yang lebih luas di seluruh Indonesia serta menjaga profesionalisme dan objektivitas dalam proses perekrutan,” kata Erick dalam keterangan resminya, Jumat (2/12/2022).

Dari pantauan detikcom di laman resmi https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id, memang puluhan BUMN terlihat membuka lowongan kerja besar-besaran di berbagai posisi. Beberapa perusahaan top seperti Pertamina, PLN, KAI, Jasa Marga, Bio Farma, hingga deretan bank pelat merah juga membuka rekrutmen di beragam posisi.

Misalnya saja, ada tiga lowongan kerja dengan posisi Operator di anak usaha Pertamina, PT Kilang Pertamina Internasional. Lowongan dibuka untuk Diploma III jurusan Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Fisika/Teknik Elektro.

Ada juga lowongan kerja Officer Pemeliharaan Jaringan di PLN, lowongan dibuka untuk lulusan Sarjana Teknik Elektro. PLN juga membuka lowongan untuk posisi Officer Pemasaran, lowongan dibuka untuk lulusan Sarjana Manajemen Pemasaran.

Contoh lainnya, ada juga PT KAI yang membuka hingga delapan lowongan kerja di berbagai posisi. Mulai dari Dokter, Staf Public Relation, Staf IT, Staf Keuangan, dan masih banyak lagi.

Masih banyak lagi lowongan kerja yang dibuka oleh perusahaan-perusahaan BUMN. Bagi yang berminat baiknya langsung mendaftarkan diri dan mengecek informasi lebih lanjut di website https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id. Termasuk juga daftar lowongan kerja yang dibuka dan perusahaan yang ingin dituju.

Adapun, pendaftaran sudah dibuka sejak tanggal 1 Desember kemarin dan bakal ditutup hingga 7 Desember mendatang. Semua proses pendaftaran dilakukan secara online dan tidak dipungut biaya.

Apa saja syarat mendaftarnya? Baca halaman berikutnya

Syarat MendaftarUntuk mengikuti rekrutmen bersama BUMN, ada beberapa hal yang perlu diikuti. Pertama, pelamar hanya dapat melamar melalui situs resmi BUMN.

Kedua, pelamar wajib memiliki alamat e-mail pribadi dan nomor telepon seluler yang masih aktif untuk dapat mengikuti proses seleksi. Pelamar dilarang menggunakan alamat e-mail milik orang lain/kantor dalam proses pendaftaran.

Ketiga, tidak ada layanan untuk perubahan/koreksi seluruh data-data serta dokumen yang telah dikirim oleh pelamar. Jadi, pastikan mengisi data dengan benar.

Dokumen yang Perlu Disiapkan:- Foto profil (wajib)- KTP (wajib)- Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (wajib)- Transkrip nilai (wajib)- SKCK (jika ada)- Dokumen lainnya, termasuk sertifikat pelatihan, sertifikat Bahasa Inggris, dan lainnya (jika ada)- Surat rekomendasi atau Template surat rekomendasi pernah bekerja hanya sebagai referensi. Template bisa diunduh di laman resmi BUMN.

Siapkan dokumen yang terdiri lebih dari 1 (seperti ijazah untuk dua pendidikan), wajib untuk disatukan dalam 1 file dokumen.

Alur PendaftaranAdapun alur pendaftaran rekrutmen BUMN terbagi jadi empat tahapan. Tahap pertama pendaftaran online yang dibuka pada 1-7 Desember 2022.

Tahap kedua adalah online test, yang mencakup tes kompetensi dasar dan akhlak. Jadwal tahap 2 adalah 21-28 Desember 2022. Tahap ketiga adalah online tes tahap dua, mencakup kemampuan bahasa Inggris.

Tahap keempat adalah Tes Kompetensi Bidang (TKB), wawancara, dan Medical Check Up (MCU) pada 20 Januari – 28 Januari 2023. Detail pelaksanaan tahap ini dilakukan sesuai dengan ketentuan masing-masing BUMN.

Pengumuman final calon pegawai BUMN dilakukan pada bulan Januari. Sementara inagurasi atau pengukuhan rekrutmen bersama BUMN adalah pada 31 Januari 2023.

error: Content is protected !!