3 Hal Ini Bikin Erick Thohir Yakin Ekonomi RI Naik 5%

redaksiutama.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir yakin pertumbuhan ekonomi nasional minimal dapat mencapai 5% tahun depan. Menurut Erick ada tiga hal yang menjadi pendorong keyakinannya.

“Indonesia punya tiga hal, sumber daya alam, pasar, dan yang akan didorong adalah hilirisasi,” ungkap Erick dalam Malam Penganugerahan CNBC Indonesia Awards 2022, dikutip Selasa (13/12/2022).

Menurutnya dengan hilirisasi value dari nikel meningkat dari USD 1 miliar menjadi USD 27 miliar, ke depan bauksit juga akan didorong. Bukan cuma itu, Erick juga mendorong SDA di lautan, pasalnya 75% wilayah Indonesia adalah laut dan itu belum maksimal.

“Laut kita 75% namun industrinya baru 5%,” tegas Erick.

Erick berharap masyarakat Indonesia bisa memanfaatkan ini dan bukan malah dimanfaatkan negara lain. Pada kesempatan tersebut, Erick juga memastikan bahwa BUMN tidak akan memonopoli pasar dan berharap swasta juga bisa mengambil bagiam.

Untuk diketahui, Erick Thohir didaulat sebagai Minister of the Year oleh CNBC Indonesia. Erick dinilai berhasil melakukan gebrakan reformasi dan transformasi di tubuh BUMN menjadi semakin profesional, transparan, dan akuntabel.

Sejak menerima amanah sebagai Menteri BUMN pada 2019, Erick berupaya mewujudkan transformasi BUMN yang menyeluruh dan komprehensif. Hari ini, di tahun ketiga, progres transformasi BUMN telah mencapai 80%. Erick menargetkan proses transformasi BUMN dapat rampung 100% pada tahun depan.

Bagi Erick, BUMN yang kuat dan sehat bisa menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi, menarik gerbong kesejahteraan rakyat Indonesia tanpa ada satupun yang tertinggal. Inklusif, adil, dan merata. Terlebih, lanjut Erick, Indonesia belum lama ini menyelenggarakan KTT G20.

“Momentumnya mungkin sudah lewat, namun banyak kesempatan yang bisa kita ciptakan untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia dan itu tidak boleh dilewatkan begitu saja,” pungkas dia.

error: Content is protected !!