10 Tips Sukses Berbisnis Franchise atau Waralaba, Auto Cuan!

redaksiutama.comFranchise atau bisnis waralaba sering kali menarik minat para pelaku usaha baik yang telah memiliki pengalaman profesional maupun para pemula.

Bukan tanpa alasan, model bisnis waralaba ini menawarkan berbagai keuntungan di awal seperti risiko gagal berbisnis lebih rendah, ‘warisan’ nama sebagai penjaring konsumen, citra brand yang kuat, serta sistem bisnis yang solid dan teruji.

Namun jangan lengah meski telah ditawarkan berbagai profit yang menggiurkan, sebab bukan tidak mungkin bisnis waralaba pun dapat mengalami kebangkrutan.

Menjalankan bisnis apa pun membutukan tekad dan kerja keras yang konsisten.

Ada beberapa faktor yang diduga dapat membuat bisnis franchise atau waralaba gulung tikar. Faktor tersebut di antaranya;

1. Salah mengelola arus kas

2. Tidak berbicara dengan berbagai konsultan

3. Pemilik waralaba gagal mengendalikan semua aspek merek yang telah mereka buat, yang menyebabkan ketidakkonsistenan dan kebingungan.

4. Penerima waralaba adalah manajer yang buruk dan tidak dapat mempertahankan standar tinggi di waralaba .

5. Budaya yang diciptakan pemilik waralaba memprioritaskan “sistem” daripada kesenangan konsumen.

6. Franchisee tidak siap secara finansial. Mereka dibutakan oleh keinginan untuk “menjadi kaya dengan cepat” dan tidak menyadari bahwa bisnis , bahkan dengan nama merek yang sudah mapan, memerlukan modal yang signifikan untuk membangunnya.

7. Pemilik waralaba terlalu lambat untuk membangun dan mendanai sistem pendukung terpusat dengan orang-orang kunci untuk mendukung bisnis terdistribusi dengan banyak lokasi.

Lantas faktor apa saja yang dapat membuat bisnis waralaba suskses?

Berikut beberapa unsur yang mendukung kesuksesan bisnis franchise sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari International Franchise Assosiation (IFA).

1. Pastikan Memiliki Cukup Uang

– Tentukan berapa banyak Anda harus berinvestasi, berapa banyak Anda bersedia mengambil risiko dan berapa banyak yang Anda perlukan untuk hidup setidaknya selama 12 bulan.- Pastikan Anda memahami investasi awal yang diperlukan.- Buatlah keputusan yang hati-hati dan rasional dalam membeli waralaba . Dengarkan pengacara dan akuntan Anda dan jangan ditekan oleh penjual waralaba .

2. Ikuti Sistem

Franchisee sering memulai dan menjalankan bisnis mereka dan kemudian mulai mengubah, menambah atau memodifikasi produk, iklan, jam kerja, layanan, dan bahkan kualitas dan konsistensi yang ada untuk diberikan oleh mereka. Ini melanggar perjanjian waralaba dan menempatkan Anda dalam bahaya penghentian waralaba Anda!- Dengan mengikuti sistem, Anda mepertahankan merek sekaligus mindungi investasi Anda dan sesama pewaralaba.

3. Jangan Abaikan Keluarga dan Teman-teman

– Bersiaplah untuk bekerja berjam-jam, tetapi pastikan juga untuk menganggarkan waktu untuk keluarga dan teman Anda.- Jangan lupa untuk mengakui pengorbanan yang dilakukan keluarga Anda.- Biarkan keluarga dan teman Anda berbagi dalam kehidupan baru Anda.

4. Jadilah Franchisee yang Antusias

– Keberhasilan bisnis apa pun terkait dengan tingkat antusiasme yang Anda bawa ke pekerjaan.- Antusiasme membawa tingkat kegembiraan dan energi ke dalam operasi yang dapat dirasakan semua orang-termasuk pelanggan dan staf Anda.- Biarkan staf Anda bersenang-senang. Akui pekerjaan baik mereka dengan pengakuan atau kenaikan gaji.

5. Rekrut yang Terbaik dan Perlakukan Mereka dengan Hormat

– Bantuan yang baik sulit ditemukan-bantuan besar sangat penting.- Untuk mempertahankan staf baik yang telah Anda pekerjakan:

6. Ajari Karyawan Anda

– Dalam waralaba , pelatihan harus berkelanjutan. Karyawan adalah Anda garis depan.- Kelas pelatihan adalah cara yang baik untuk menunjukkan kepada karyawan Anda bahwa mereka penting bagi Anda.- Dapatkan semua pelatihan yang Anda bisa dari pemilik waralaba .secara teratur melatih dan melatih kembali semua karyawan Anda.- Mengadakan kelas penyegaran dan lanjutan secara rutin.- Peringatkan pemilik waralaba Anda saat Anda membutuhkan pelatihan tambahan.Manfaatkan setiap kesempatan pelatihan, baik yang ditawarkan oleh pemilik waralaba atau oleh sekolah lokal, asosiasi perdagangan, dan sumber lainnya.

7. Berikan Pelanggan Layanan Hebat

– Hal terpenting yang dapat Anda lakukan adalah membuat semua orang tersenyum!- Beri tahu pelanggan bahwa Anda senang mereka memilih bisnis Anda.

8. Terlibatlah dengan Komunitas

– Sponsori tim Little League– Dukung kelompok sipil atau pemuda- Berikan tur bisnis Anda untuk kelompok sekolah- Siapkan kios di acara komunitas

9. Tetap Berhubungan dengan Franchisor Anda dan Franchisee Lainnya

– Tetap berkomunikasi dengan pemilik waralaba : Surat, buletin, email, panggilan telepon, faks, kelas pelatihan, pertemuan regional, konferensi, dan konvensi.- Berkomunikasi dengan franchisee lain dengan berpartisipasi dalam asosiasi pemilik waralaba .

10. Perhatikan Detail

– Sukses ada di uang! Jika Anda memperhatikan uang Anda, rupiah akan mengurus dirinya sendiri.- Meminimalkan biaya dan memaksimalkan penjualan.- Hati-hati terhadap penyusutan (barang dagangan yang hilang atau tidak ditemukan).- Bekerja keras setiap hari.***

error: Content is protected !!