10 Tewas dalam Serangan Udara Rusia di Apartemen Ukraina

Odessa: Sedikitnya 10 orang tewas pada Jumat 1 Juli 2022 dalam serangan di gedung apartemen Ukraina. Serangan ini terjadi sehari setelah pasukan Rusia meninggalkan posisi di pulau yang direbut dalam kemunduran besar invasi Kremlin.
 
Berita dari Laut Hitam datang setelah para pemimpin NATO menyelesaikan pertemuan puncak mereka di Madrid, dengan Presiden AS Joe Biden mengumumkan USD800 juta senjata baru untuk Ukraina.
 
“Kami akan tetap dengan Ukraina, dan semua aliansi akan tetap dengan Ukraina, selama diperlukan untuk memastikan mereka tidak dikalahkan oleh Rusia,” kata Biden, seperti dikutip AFP.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov membandingkan penurunan diplomatik baru dengan kembalinya Perang Dingin. Lavrov mengatakan wartawan: “Sejauh menyangkut Tirai Besi, pada dasarnya itu sudah turun. Prosesnya telah dimulai.”
 
Tapi mungkin ada kemungkinan pembukaan. Presiden Indonesia Joko Widodo, yang mengunjungi Moskow pada Kamis setelah perjalanan ke Kiev, mengatakan, dia telah memberi Presiden Rusia Vladimir Putin pesan dari rekan Ukraina mereka, Volodymyr Zelensky.
 
Tidak ada pihak yang mengungkapkan apa yang ada di catatan itu.
 
Beberapa jam setelah KTT berakhir, sebuah rudal menghantam sebuah gedung apartemen di wilayah selatan Odessa, menghancurkan struktur perumahan sembilan lantai.
 
“Jumlah korban tewas dalam serangan rudal gedung apartemen telah meningkat menjadi 10 orang,” kata juru bicara administrasi militer Odessa, Sergei Bratchuk.
 
Menurut militer Ukraina, serangan itu berasal dari pesawat di Laut Hitam, dan mereka yang terluka di bangunan tempat tinggal termasuk anak-anak. Sebuah pusat rekreasi telah terkena serangan rudal terpisah, kata mereka.


Niat baik

Serangan Jumat pagi terjadi sehari setelah pasukan Rusia meninggalkan posisi mereka di Pulau Ular, di lepas pantai Odessa.
 
Pulau itu telah menjadi simbol perlawanan Ukraina pada hari-hari pertama perang, ketika para prajurit itu mengatakan kepada sebuah kapal perang Rusia yang meminta mereka untuk menyerah “go f*ck yourself”, sebuah insiden yang memicu meme yang menantang.

 

Halaman Selanjutnya

Itu juga merupakan target strategis,…

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!