3 Waralaba yang Berpotensi Untung Tahun 2023, Ketahui sebelum Mulai Berbisnis

redaksiutama.comPIKIRAN RAKYAT – Waralaba atau yang juga dikenal dengan franchise menjadi salah satu model bisnis yang digemari dan kian populer di Indonesia.

Adapun, waralaba dapat diartikan sebagai hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa. Hak-hak yang dimaksudkan tersebut mencakup soal kebebasan penggunaan merek, produk dan operasionalnya untuk jangka waktu tertentu.

Dengan pengertian seperti itu, maka diketahui bahwa antara pemilik merek dan pengguna merek memiliki hubungan bisnis atau kesepakatan bisnis yang juga dapat diartikan bahwa waralaba merupakan usaha kemitraan.

Diketahui, di Indonesia telah banyak jenis waralaba yang bermunculan, mulai dari kuliner, seperti makanan dan minuman. Kemudian, ada pula waralaba minimarket hingga waralaba di bidang ekspedisi atau jasa pengiriman dan lain sebagainya.

Lantas, apa saja jenis waralaba yang berpeluang sukses pada tahun 2023 ini? Berikut penjelasannya sebagaimana yang telah dirangkum oleh Pikiran-Rakyat.com.

Sebelum menentukan waralaba yang memiliki peluang untuk meraup keuntungan, ada hal yang harus diketahui lebih dahulu.

Salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum menentukan bisnis waralaba adalah soal ketahanan bisnis tersebut. Ya, masyarakat harus mencari waralaba yang telah teruji dengan waktu.

Keterangan yang juga merupakan sebuah tips tersebut pun dibagikan langsung oleh salah satu pengusaha ayam goreng tepung di Bandung, Ilman Ramdhiansyah.

Ia mengatakan bahwa masyarakat yang ingin menjalankan dan mempertahankan bisnisnya dalam jangka waktu yang lama harus memilih jenis komoditas yang dibutuhkan oleh publik.

“Opsi ini gampang-gampang susah juga sebenarnya karena banyak yang awalnya booming, tapi turunnya cepat sekali. Nah, untuk yang viral-viral, itu biasa nya bertahan maksimal satu atau dua tahun saja,” katanya seperti dilaporkan jurnalis Pikiran Rakyat Endah Asih Lestari dan Windy Eka Pramudya pada Selasa, 3 Januari 2023.

Oleh karena itu, bisnis waralaba kuliner pun masih menjadi salah satu bisnis yang berpeluang memberikan keuntungan bagi pemiliknya. Diketahui pula, bisnis waralaba di bidang kuliner semakin dilirik saat munculnya masa pandemi Covid-19.

Meskipun pada saat itu, waralaba di bidang kuliner sempat terdampak Covid-19, namun waralaba kuliner masih mampu bertahan hingga saat ini. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya penjual kuliner yang berjejer di hampir sepanjang jalan.

Selain waralaba di bidang kuliner, ada beberapa ide bisnis model waralaba lain yang juga berpeluang sukses di tahun 2023 ini, di antaranya yaitu;

1. Waralaba minimarket

Ide yang satu ini menjadi salah satu bisnis waralaba yang menjanjikan. Pasalnya, produk yang dijual merupakan produk yang rata-rata memiliki ketahanan yang lama. Selain itu, produk yang dijual di minimarket juga merupakan produk-produk yang dibutuhkan oleh publik sehari-hari.Nantinya, individu yang membuka waralaba minimarket pun dapat mengembangkan usaha tersebut dengan merek dagang dan operasional yang telah disediakan. Selain itu, waralaba minimarket juga memiliki risiko kerugian yang rendah.2. Waralaba ekspedisi

Waralaba di bidang ekspedisi menjadi salah satu peluang bisnis yang meraup keuntungan. Pasalnya, masyarakat Indonesia gemar berbelanja online yang barangnya pun dikirim dari luar daerah, oleh karena itu, jasa ekspedisi pun selalu dibutuhkan.3. Waralaba laundry

Bisnis yang satu ini menjadi peluang untuk meraup uang. Rutinitas masyarakat yang terbilang sibuk terkadang membuat mereka tak sempat untuk mencuci pakaiannya sendiri. Oleh karena itu, laundry pun menjadi salah satu tempat tujuan untuk membersihkan pakaian.***

error: Content is protected !!