Siapa Pahlawan Pertama yang Digambar dalam Rupiah?

redaksiutama.com – Hingga saat ini sosok pahlawan dan tokoh-tokoh besar Indonesia sering digunakan sebagai desain mata uang rupiah. Namun tahu kah kamu siapa pahlawan Indonesia pertama di rupiah?

Berdasarkan informasi dari akun Instagram Museum Bank Indonesia (MuBI), Raden Ajeng Kartini dan Pangeran Diponegoro merupakan dua sosok tokoh pahlawan Indonesia yang pertama kali ditampilkan dalam uang pertama terbitan BI.

Sosok Kartini pertama kali muncul di uang kertas pecahan Rp 5 pada tahun 1952 yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI) dan resmi beredar pada 2 Juli 1953.

Di bagian depan, gambar R.A. Kartini nampak pada bagian kiri uang. Ditemani dengan ukiran dua burung dan motif kelok paku, sosok Kartini terpampang indah dalam uang rupiah pecahan lima (5).

Sementara itu sosok Pangeran Diponegoro juga pertama kali dimunculkan di uang kertas pecahan Rp 100 tahun 1952 Seri Kebudayaan.

Pada bagian depan, gambar pahlawan yang dijuluki “Satria Piningit” ini nampak pada bagian kanan uang. Ditemani dengan ukiran burung Garuda pada bagian kiri uang, sosok Pangeran Diponegoro ditampilkan dalam uang rupiah pecahan seratus (100).

error: Content is protected !!