Tjahjo Kumolo Wafat, Siapa Pengganti MenpanRB, Pengamat: Berasal dari Kader PDIP

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pengamat sosial politik Herry Mendrofa memandang bahwa sosok yang bakal menggantikan Tjahjo Kumolo mengisi kursi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birkrasi (Menpan/RB) ialah kader PDI Perjuangan.

“Tentunya pasti pengganti MenpanRB almarhum Tjahjo Kumolo akan berasal dari kader PDIP ya, itu sudah pasti,” kata Herry Mendrofa saat dihubungi Tribunnews.com, Sabtu (2/7/2022).

Menurut Direktur Eksekutif Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) ini, kursi MenpanRB sebetulnya bisa saja diisi dari luar kader PDIP.

Tjahjo Kumolo Wafat, Siapa Pengganti MenpanRB, Pengamat: Berasal dari Kader PDIP
Erni Guntari, istri almarhum Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo saat menaburkan bunga di makam almarhum suaminya, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (1//7/2022). (Tribunnews.com/ Mario Christian Sumampow)

Namun, kata dia, itu peluangnya sangat kecil, tergantung keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Karena jelas Pak Jokowi sudah menekankan bahwa dia menghormati juga keputusan Ibu Mega, apalagi ini adalah kader potensial,” ujarnya.

Baca juga: Tiba di Indonesia Pagi Ini, Presiden Jokowi Langsung Takziah ke Kediaman Almarhum Tjahjo Kumolo

“Jadi saya kira KemenpanRB ini adalah salah satu juga kementerian potensial, kementerian krusial dan pasti akan diisi oleh PDIP,” lanjutnya.

Herry menambahkan, alasan kader PDIP yang bakal menduduki kursi MenpanRB ialah pertimbangan elektoral, mengingat Indonesia akan menyelenggarakan Pemilu pada 2024 mendatang.

Sebab, KemenpanRB ini membawahi kebijakan di lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dinilai dapat mempengaruhi elektoral partai politik, termasuk PDI Perjuangan.

“Jangan sampai diambil oleh parpol lain, ditempatkan parpol lain, ini akan menggeser potensi-potensi atau ceruk elektoralmya PDIP, politiknya seperti itu saya kira,” ucapnya.

MenpanRB Tjahjo Kumolo Wafat

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022).

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada pukul 11.10 WIB di Rumah Sakit (RS) Abdi Waluyo, Jakarta.

Almarhum Tjahjo telah menjalani perawatan intensif di RS sejak pertengahan Juni 2022.

Kabar duka tersebut disampaikan Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini.

“Bapak Menteri telah dipanggil Allah SWT pada hari ini pukul 11.10 WIB. Kami mohon doa dari Bapak/Ibu dan rekan-rekan sekalian, semoga beliau diterima di sisi-Nya,” ujar Rini dikutip dari Menpan.go.id.


Artikel ini bersumber dari www.tribunnews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!