redaksiutama.com – Google nampaknya tengah mengembangkan fitur “Clear Calling” untuk pengguna ponsel pintar yang berbasis Android.

Hal itu ditemukan oleh salah satu pengguna Android 13 beta Mishaal Rahman seusai sistem operasinya mengalami pembaruan.

Ia mencuit di Twitter @MishaalRahman bahwa fitur itu ditemukan pada opsi pengaturan “Suara dan Getaran” setelah versi beta dari Android 13 ditingkatkan dari versi sebelumnya.

Mengutip The Verge, Jumat, “Clear Calling” merupakan fitur yang membantu pengguna ketika sedang menelfon dan dapat mengurangi kebisingan suara latar ketika panggilan sedang berlangsung.

Dengan demikian ketika nantinya fitur ini diterapkan maka pengguna yang berada di tempat berisik dapat menelfon dengan lebih efektif dan menyampaikan pesannya dengan lebih jelas kepada penerima telfon.

Lebih lanjut, fitur yang dicoba Mishaal di ponsel Google Pixel 6 Pro hanya berfungsi ketika panggilan berlangsung menggunakan jaringan seluler.

Sementara untuk panggilan berbasis WiFi yang biasanya dilakukan menggunakan aplikasi pesan singkat nampaknya belum bisa merasakan manfaat dari fitur “Clear Calling”.

Google nampaknya tengah fokus terhadap uji coba “noise canceling” di produk-produknya.

Misalnya seperti di Google Meet mereka mencoba mengurangi bunyi-bunyian ringan seperti suara ketikan keyboard atau gonggongan anjing dengan kecerdasan buatannya ketika panggilan berlangsung.

Lalu pada perangkat Pixel Buds Pro, Google juga menyematkan fitur “noisecancelling”.