redaksiutama.com – Ragam aki atau baterai mobil di pasaran cukup banyak. Mulai dari berbagai merek, tipe perawatan hingga kapasitas yang ditawarkan.

Salah satu yang cukup tenar adalah jenis aki bebas perawatan yang terbagi lagi dalam dua tipe. Misalnya GS Astra yang punya pilihan aki mobil bebas perawatan, yakni maintenance free (MF) dan Calcium .

Lantas apa bedanya?

Kepala Toko Shop & Drive Penggaron Suprawitno mengatakan, aki MF dan Calcium memiliki kesamaan pada sisi perawatan. Namun usia dan kapasitas aki Calcium lebih unggul meskipun punya dimensi yang sama karena perbedaan bahan yang digunakan.

“ Aki calcium bisa dibilang hampir sama dengan aki MF (maintenance free) cuma sel akinya khusus sehingga bisa menghasilkan daya yang lebih besar dengan dimensi yang sama,” ucap Suprawitno kepada Kompas.com, Jumat (8/9/2022).

Dia mengatakan biasanya aki membutuhkan dimensi yang lebih besar untuk memperoleh kapasitas arus listrik lebih besar. Namun, karena aki Calcium memiliki desain serta sel yang terbuat dari bahan khusus bisa membuat kapasitasnya lebih besar.

“Aki yang sudah beredar memiliki dimensi yang sama, aki GS Calcium berkapasitas 55 Ah, sedangkan aki GS MF hanya berkapasitas 45 Ah, untuk keawetannya tentu bisa dikatakan Calcium lebih unggul,” ucap Suprawitno.

Dia mengatakan dari bahan khusus yang digunakan, GS Calcium akan memiliki usia lebih panjang. Ditinjau dari kapasitasnya yang lebih besar akan mempersempit peluang aki mengalami drop karena kekurangan daya.

Jadi, antara aki bebas perawatan biasa dan GS Calcium memang terdapat perbedaan yang cukup signifikan, jadi tidak heran jika terdapat selisih harga jual yang cukup tinggi.