redaksiutama.com – Unggulan ketiga Carlos Alcaraz menjejak final Gran Slam pertamanya. Alcaraz menyingkirkan Frances Tiafoe untuk melawan Casper Ruud di final US Open 2022.

Duel semifinal antara Alcaraz vs Tiafoe berlangsung di Arthur Ashe Stadium pada Sabtu (10/9/2022) pagi WIB. Kedua petenis bertarung selama lebih dari 4 jam lebih sebelum Alcaraz menang dengan skor akhir 6-7 (6), 6-3, 6-1, 6-7 (5), 6-3.

Alcaraz, yang masih berusia 19 tahun, membukukan 59 winner dengan hanya membuat 37 unforced error. Sedangkan Tiafoe membuat lebih banyak unforced error (52) dengan 51 winner.

Di partai puncak, Carlos Alcaraz akan menghadapi unggulan kelima Casper Ruud asal Norwegia. Ruud lolos ke final US Open setelah mendepak Karen Khachanov dengan skor 7-6 (5), 6-2, 5-7, 6-2.

Rudd mencapai final Grand Slam kedua di dalam kariernya setelah mencapainya di Roland Garros, Mei silam. Meskipun Rudd harus mengakui keunggulan Rafael Nadal pada Juni silam.

Pertarungan antara Alcaraz kontra Rudd akan dilangsungkan pada Senin (12/9/2022) dinihari WIB. Kedua petenis baru dua kali berjumpa di Marbella (2021) dan Miami (2022) yang seluruhnya dimenangi Alcaraz dua set langsung.

“Rasanya menakjubkan bisa memperebutkan hal-hal yang besar. Ini final Grand Slam pertamaku. Aku bisa melihat gelar nomor 1 dunia, tapi hal itu sekaligus terlihat sangat jauh,” ungkap Alcaraz usai pertandingan di laman resmi ATP.

“Aku masih punya satu langkah lagi melawan seorang pemain yang luar biasa. Dia pantas maju ke final, dia sudah memainkan final Grand Slam di Roland Garros. Aku akan memberikan segala yang kupunya.”

Carlos Alcaraz dan Casper Rudd nantinya tidak sekadar memperebutkan titel juara US Open 2022, melainkan juga gelar petenis nomor 1 dunia. Seandainya Alcaraz keluar sebagai pemenang, maka dia akan menjadi petenis nomor 1 dunia termuda dalam sejarah ATP (sejak 1973).