Suara.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir baru-baru ini  terlibat perselisihan dengan Faizal Assegaf. Erick Thohir melaporkan Faizal Assegaf ke Bareskrim Polri terkait sebuah postingan dalam akun Instagram milik Faizal Assegaf pada Jumat, 26 Agustus 2022. Lantas siapa Faizal Assegaf? Mengapa ia dilaporkan oleh Menteri BUMN? 

Erick Thohir melaporkan Faizal Assegaf terkait dengan postingan instagramnya. Di dalam postingan itu Faizal mengunggah sebuah video pernyataan kuasa hukum Brigadir J, Komaruddin H Simanjuntak yang berisikan tudingan yang ditujukan terhadap Dirut Taspen yang menurutnya telah mengelola dana Capres untuk 2024 hingga Rp 300 Triliun. 

Selain itu, Kamaruddin juga menyebut jika  pejabat BUMN tersebut memiliki banyak istri simpanan. Namun dalam video itu, Kamaruddin tidak menyebut sosok itu adalah Erick Thohir. Akan tetapi Faizal Assegaf mengunggah ulang potongan video dan menambahkan sebuah kalimat yang menyinggung Menteri BUMN itu. 

Faizal Assegaf menambahkan narasi jika penjabat itu adalah Erick Thohir. Tak sampai disitu, Faizal menyebut jika istri-istri simpanannya dinikahi secara gaib. Tuduhan itu sontak membuat Erick Thohir merasa geram dan melukai hati keluarga sehingga ia dilaporkan ke Mabes Polri melalui kuasa hukumnya Ifdhal Kasim. 

Baca Juga:
Faizal Assegaf, Dulu Dilaporkan Nahdlatul Ulama, Kini Berurusan dengan Erick Thohir

Lantas siapa Faizal Assegaf? Simak profil Faizal Assegaf yang dilaporkan Menteri BUMN Erick Thohir ke polisi selengkapnya berikut ini. 

Profil Faizal Assegaf

Faizal Assegaf adalah seorang kritikus sekaligus menjadi salah satu aktivis yang merupakan bagian dari pendiri presidium alumni 212. Dirinya juga diketahui, kerap mengkritik pemerintahan  negara seperti saat dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dimasa pemerintahanya bersama Budiono, sampai masa Jokowi-JK. 

Ia kerap mengkritik sejumlah pemimpin negara melalui laman sosial medianya, seperti Twitter dan Instagram dengan akun bernama @faizal.assegaf. Ia sangat aktif membagikan beberapa unggahan yang berisi pendapat atau kritikan terhadap pemerintahan. 

Selain sering mengkritik beberapa pimpinan negara, sosok Faizal Assegaf juga kerapkali berurusan dengan sejumlah tokoh NU seperti Ketua PBNU, Gus Baha, hingga Gus Yaqut. 

Baca Juga:
Trending, Laporkan Faizal Assegaf Soal Kasus Hoaks di Sosial Media, Erick Thohir Banjir Dukungan Netizen: Tindak Tegas!

Seperti yang diketahui, pria kelahiran Geser, Kabupaten Seram Bagian Timur tersebut, sampai saat ini masih berprofesi sebagai Politikus dan juga aktivis aktif. Faizal Assegaf juga pernah aktif sebagai penulis Kompasiana pada tahun 2010. 

Sebelum dilaporkan Erick, Faizal pernah dilaporkan oleh Ketua Pengurus Wilayah Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Nahdlatul Ulama (NU) atau Asosiasi Pesantren NU DKI Jakarta Rakhmad Zaelani Kiki atas adanya dugaan penyebaran berita bohong, kebencian dan juga SARA ke Bareskrim Polri pada akhir tahun 2021 lalu. 

Hingga laporan yang dilayangkan oleh Erick terhadap dirinya keluar, belum ada tanggapan dari Faizal Assegaf. Hal ini dapat dilihat dari akun instagramnya yang tidak menampilkan aktifitas baik itu unggahan maupun cerita. 

Itulah tadi informasi mengenai siapa Faizal Assegaf, sosok yang dilaporkan Erick Thohir ke Bareskrim Polri. Semoga menambah informasi!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.