News  

Indonesia dan Argentina jajaki peluang kerja sama TIK di DEMM G20

Dengan kerja sama tersebut, Indonesia berpotensi menghubungkan kawasan Asia Timur, Asia Selatan, Eropa

Jakarta (ANTARA) – Indonesia dan Argentina menjajaki peluang kerja sama dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam ajang Digital Economy Ministers’ Meeting (DEMM) Presidensi G20 Indonesia di Nusa Dua, Badung, Bali, Rabu.

Penjajakan kerja sama antarkedua negara ditandai dengan pertemuan bilateral antara Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate dengan Secretary of Public Inovation Argentina Micaela Sánchez Malcolm.

Kerja sama kedua negara berpeluang dilakukan pada TIK sektor hulu atau upstream berupa penyebaran koneksi cepat (broadband) untuk menghubungkan kawasan Amerika Selatan ke kawasan Asia dengan melalui Australia.

Baca juga: Kemenkominfo siapkan pusat komunikasi publik KTT G20 untuk 1.400 media

“Dengan kerja sama tersebut, Indonesia berpotensi menghubungkan kawasan Asia Timur, Asia Selatan, Eropa, hingga Timur Tengah. Tiongkok, Jepang, Hongkong, hingga ke California juga bisa,” kata Johnny dalam pernyataannya.

Terkait peluang kolaborasi digital hilir atau downstream, kata Menkominfo, bisa dilakukan melalui literasi ekonomi digital dan pelatihan digital dengan memanfaatkan berbagai ruang digital yang dimiliki oleh kedua negara.

Karena itulah, Johnny mengatakan Indonesia dan Argentina sepakat akan membentuk tim untuk mempersiapkan kelanjutan dari rencana penjajakan itu yang mencakup kerangka kerja sama, payung hukum, kesepakatan hingga rancangan memorandum antara kedua belah pihak.

Menanggapi hal itu, dalam kesempatan yang sama Micaela mengatakan bahwa melalui penjajakan kerja sama yang dibangun antara kedua negara, pihaknya optimistis akan membuat jaringan konektivitas telekomunikasi di Argentina menjadi semakin luas.

“Kami optimis lewat kerja sama itu, konektivitas telekomunikasi terutama di daerah terpencil akan terkoneksi dengan baik,” ujar dia.

Micaela berharap, kerja sama antarkedua negara dapat segera terwujud dalam waktu dekat, mengingat pentingnya jaringan telekomunikasi berkualitas saat ini seiring kebutuhan masyarakat di era digital yang semakin tinggi.

Baca juga: Menkominfo bahas ragam kerja sama bidang TIK di MWC 2022

Baca juga: Menkominfo bahas kerja sama di bidang TIK dengan Dubes Portugal

Baca juga: Kominfo dorong kerja sama dengan Pemda bangun infrastruktur TIK

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!