redaksiutama.com – Tanggal 11 September 2022 jatuh pada hari Minggu. Pada hari ini, terdapat peringatan Hari Radio Nasional.

Selain itu, ada juga peringatan lain hari ini. Berikut beberapa hari penting yang jatuh pada 11 September 2022 .

Hari Radio Nasional

Hari Radio Nasional diperingati setiap tanggal 11 September . Hari ini diperingati juga sebagai hari kelahiran Radio Republik Indonesia (RRI).

Radio milik pemerintah ini didirikan pada 11 September 1945. Oleh karena itu, tanggal 11 September juga sering disebut sebagai Hari RRI.

RRI didirikan setelah siaran radio milik Jepang, Hoso Kyoku, dihentikan tanggal 19 Agustus 1945. Saat itu, rakyat Indonesia yang baru merdeka menjadi buta informasi.

Adanya informasi dari radio-radio luar negeri terkait rencana kedatangan tentara sekutu untuk melucuti Jepang dan menunggu Belanda kembali ke Indonesia pun membuat orang-orang yang pernah aktif di radio tergerak.

Sebanyak delapan orang dari bekas radio Hosu Kyoku yang diketuai Abdulrachman Saleh kemudian mengadakan pertemuan bersama pemerintah di Jakarta, 11 September 1945.

Pertemuan ini bertujuan untuk menyadarkan pentingnya radio bagi pemerintah Indonesia untuk memberi informasi dan tuntunan kepada rakyat.

Terdapat beberapa kesimpulan dari pertemuan ini, yaitu dibentuknya Persatuan RRI yang akan meneruskan penyiaran dari delapan stasiun di Jawa, mempersembahkan RRI kepada presiden dan pemerintah Indonesia, serta mengimbau agar seluruh hubungan antara pemerintah dan RRI disalurkan melalui Abdulrachman Saleh.

Pertemuan ini kemudian ditindaklanjuti dengan rapat oleh para delegasi dari delapan stasiun radio malam harinya. Hasil dari rapat itu adalah didirikannya RRI dengan Abdulrachman Saleh sebagai pemimpinnya.

Hari Patriot di Amerika Serikat

Pada tahun 2002, Presiden Amerika Serikat George W. Bush menetapkan tanggal 11 September sebagai Hari Patriot yang diperingati setiap tahun.

Hari ini dibuat untuk memperingati serangan teroris pada 11 September 2001 yang dikenal juga sebagai nine-eleven (9/11). Dalam serangan tersebut, hampir 3.000 nyawa terenggut.

Pada Hari Patriot, bendera Amerika akan dikibarkan setengah tiang dan seluruh masyarakat Amerika diminta mengheningkan cipta pada pukul 08:46 waktu setempat. Waktu tersebut merupakan saat pesawat pertama menabrak salah satu Menara Kembar.

Adanya hari ini dibuat sebagai bentuk penghormatan kepada para korban yang tewas dan rasa terima kasih kepada orang-orang yang berani mempertaruhkan nyawa mereka demi menyelamatkan orang lain.

Sebagaimana diketahui, pada 11 September 2001, para pembajak menabrakkan tiga pesawat ke gedung Pentagon di Washington DC dan menara kembar World Trade Center (WTC) di New York.

Pesawat keempat jatuh di sebuah lapangan di Pennsylvania setelah penumpang pesawat melawan pembajak.