redaksiutama.com – Sewaktu masih memimpin Uni Soviet, Gorbachev dinilai mampu akhiri Perang Dingin tanpa timbul pertumpahan darah, meski dianggap gagal mencegah keruntuhan Uni Soviet. Gorbachev juga dinilai mampu jalin kesepakatan meminimalisir senjata dengan AS (Amerika Serikat).

Dengan adanya keesepakatan tersebut, menandakan bahwa Tirai Besi telah dihapus sehingga Eropa terbagi sejak Perang Dunia II serta wujudkan reunifikasi Jerman. Atas jasa-jasa besar Gorbachev tersebut, pada tahun 1990 Gorbachev pun menerima hadiah Nobel Perdamaian.

Nah bagi yang ingin mengenal sosoknya lebih dekat, berikut ini profil Mikhail Gorbache.

Siapa Mikhail Gorbache?

Mikhail Gorbache atau yang memiliki nama lengkap Mikhail Sergeyevich Gorbachev ini lahir pada tanggal 2 Maret 1931 di Stavropol Kray, Rusia, Uni Soviet.

Gorbachev tumbuh di lingkungan keluarga petani. Bahkan Ia pernah merasakan krisis pangan bersama keluarganya pada tahun 1932-1933.

Tahun 1950, Gorbachev mulai kuliah di fakultas hukum Universitas Negeri Moskwa. Tahun 1955 Gorbachev lulus kuliah dengan gelar sarjana hukum. Setelah itu, ia menduduki beberapa jabatan di Komsomol serta organisasi partai reguler di Stavropol.

Pada tahun 1953, Ia menikah dengan perempuan aktivis. Keduanya dikaruniai seorang puteri bernama Irina Mikhailovna Virganskaya. Pada tahun 1999, sang meninggal dunia.

Karier politik Gorbachev bisa dibilang berjalan cepat dan mulus. Tahun 1985, Gorbachev menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis Uni Soviet. Ia juga menduduki jabatan berpangkat paling tinggi di Uni Soviet.

Selema menjabat, Ia menciptkan beberapa program yaitu program glasnost dan perestroika. “Glasnost” ini adalah semacam semboyan yang diambil dari bahasa Rusia yang bermakna keterbukaan. Glasnost inu sebuah sikap reformasi serta transparansi, termasuk ke Dunia Barat.

Gorbachev juga pernah menjabat sebagai presiden Uni Soviet periode 1990-1991. Ia dinobatkan sebagai presiden terakhir sebelum runtuhnya Uni Soviet. Pada tahun 1985-1991, ia menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis Uni Soviet.

Sebelum mengundurkan diri sebagai presiden tahun 1991, Gorbachev pernah menjabat beberapa jabatan lainnya yaitu Ketua Presidium Majelis Agung Uni Soviet dari (1988 – 1989), dan Ketua Majelis Agung Uni Soviet (1989-1990).

Demikian ulasan mengenai siapa Mikhail Gorbachev, mantan presiden terakhir Uni Soviet yang meninggal dunia di usia ke 91 tahun.