redaksiutama.com – Khusus untuk Ratu Elizabeth II, rangkaian prosesi khusus tersebut diberi nama Operation London Bridge (OLB). Prosesi ini dimulai dengan pengumuman berita meningalnya sang Ratu.

Apa saja tahapan prosesi khusus tersebut? Berikut ulasannya.

Ketika Ratu Elizabeth Wafat

1. Pengumuman Ratu Elizabeth II meninggal dunia

Dalam video itu disebutkan, ketika Ratu meninggal dunia, sekretaris pribadinya akan menghubungi Perdana Menteri Inggris. Pemberitahuan wafatnya sang Ratu diberikan dengan kode “London Bridges is Down”.

Perdana Menteri Inggris lalu akan menyiapkan operasi London Bridge sebagai nama dari serangkaian prosesi khusus yang akan dilakukan.

2. Kabar wafatnya Ratu disampaikan ke sejumlah negara

Setelah itu, Perdana Menteri Inggris akan menyampaikan kabar mengenai wafatnya Ratu Elizabeth II ke sejumlah negara di dunia, termasuk negara-negara yang menjadi koloni atau negara-negara persemakmuran Inggris di seluruh dunia.

Setelah itu Istana Bunckingham akan memberikan pernyataan resmi mengenai wafatnya Ratu. Dalam waktu yang bersamaan, kabar tersebut disebarkan ke media-media di seluruh negara-negara persemakmuran Inggris.

3. Media sebarkan kabar wafatnya Ratu Elizabeth

Setelah itu, semua media tersebut akan menyiapkan waktu dan tempatnya untuk mengumumkan kabar wafatnya Ratu Elizabeth. Sementara itu, semua acara di media nasional Inggris, BBC, akan dihentikan dan digantikan untuk menyiarkan kabar seputar wafatnya Ratu.

Dan dalam sekejap, semua pembawa acara di BBC akan mengganti pakaiannya dengan baju berwarna hitam. Dan bahkan, warna merah yang menjadi ciri khas BBC akan berubah menjadi hitam, sebagai tanda berkabung.

Semua media, mulai dari media cetak, televisi, radio dan media online langsung mempersiapkan awaknya untuk melakukan peliputan mengenai wafatnya Ratu Elizabeth selama beberapa hari ke depan.

4. Semua kegiatan bisnis akan dihentikan

Salah satu prosesi operasi London Bridge adalah menutup semua kegiatan bisnis di Inggris selama satu hari untuk menghormati wafatnya sang ratu. Kegiatan bisnis itu mulai dari toko di pinggir jalan sampai dengan bursa saham.

Sebelum hari pemakaman

1. Anak tertua Ratu Elizabeth akan menjadi Raja

Sebelum pemakaman Ratu Elizabeth II, Charles akan memberikan pidato pertamanya sebagai Raja Inggris yang baru. Hal itu kemudian diiringi dengan 41 kali tembakan meriam di Hyde park, London.

Setelah itu, Raja Charles III akan pergi keliling Inggris, mengunjungi semua daerah dan bertemu dengan semua orang dalam kapasitasnya sebagai Raja Inggris.

Dalam waktu yang bersamaan, semua stasiun televisi akan menayangkan film dokumenter mengenai kehidupan Ratu Elizabeth II yang telah dibuat sebelumnya.

2. Jenazah Ratu Elizabeth II akan dipindahkan

Empat hari setelah wafat, jenazah Ratu Elizabeth II akan dipindahkan dari Istana Buckingham menuju Westminster Hall. Di sana, jenazahnya akan kembali disemayamkan untuk empat hari kemudian.

Prosesi ini turut dihadiri oleh Raja Inggris yang baru beserta keluarganya. Setelah itu, pintu Westminster Hall akan dibuka agar masyaralat umum turut bisa memberikan penghotmatan terakhirnya pada sang Ratu.

Hari Pemakaman

1. Kegiatan ekonomi kembali dihentikan

Pemakaman Ratu Elizabeth II akan dilakukan pada hari ke 10 hingga hari ke 12 setelah ia wafat. Saat hari pemakaman itu, semua bank di Inggris akan ditutup. Sementara bursa saham dan kegiatan bisnis lainnya juga akan kembali ditutup selama kurang dari dua pekan.

2. Prosesi pemakaman

Selanjutnya tepat pada pukul 11 siang, bel pada jam Big Ben akan berdentang. Seluruh negeri akan hening dan jenazah akan dibawa masuk ke Westminster Abbey, di mana dua ribuan tamu akan menunduk sambil memberikan doa.

Setelah itu peti mati akan dibawa ke Kastil Windsor dan akhirnya ke St. George’s Chapel untuk dimakamkan bersama anggota keluarga kerajaan lainnya.

Setelah pemakaman

1. Penobatan Raja baru Inggris

Setahun setelah pemakaman Ratu Elizabeth II, Pangeran Charles akan dinobatkan secara resmi menjadi Raja Inggris yang baru.

Pada hari itu, kegiatan bisnis di Inggris kembali dihentikan. Jika dihitung sejak dari hari wafatnya Ratu Elizabeth II hingga penobatan Raja baru, biaya yang dikeluarkan oleh Kerajaan Inggris mencapai miliaran poundsterling.

2. Sejumlah perubahan setelah penobatan Raja baru

Ada sejumlah perubahan yang akan terjadi di Inggris setelah raja baru resmi diangkat. Di antaranya pemerintah akan mencetak mata uang baru dengan gambar Raja Charles III karena sebelumnya mata uang Inggris bergambar Ratu Elizabeth II.

Hal yang sama juga dilakukan pada perangko, paspor hingga seragam polisi dan militer yang sebelumnya bergambar Ratu Inggris.

Tak hanya itu, judul lagu kebangsaan Inggris juga akan diubah judulnya dari “God Save The Queen” menjadi “God Save The King”.