redaksiutama.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) DKI Jakarta akan menggelar rapat pimpinan gabungan (Rapimgab) untuk menentukan tiga nama Penjabat (Pj) Gubernur.

Ketiga nama terbanyak yang muncul dalam Rapimgab tersebut kemudian akan disetor ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan tiga nama Pj Gubernur akan dipilih dari suara terbanyak yang diusulkan oleh kesembilan fraksi.

Masing-masing fraksi berhak mengusulkan tiga nama untuk dibawa ke Rapimgab. Dengan begitu, akan ada 27 nama yang akan muncul di dalam rapat gabungan tersebut.

“Pokoknya satu dua tiga yang teratas siapa-siapa mereka yang terbanyak. Suara terbanyak dari nama yang diusulkan fraksi,” katanya, kepada wartawan saat dihubungi, di Jakarta , Senin, 12 September 2022.

Pras menegaskan pimpinan dewan tidak jadi mengusulkan tiga nama karena mereka merupakan bagian dari masing-masing fraksi.

Lebih lanjut, ditekankan Pras kalau dalam forum tersebut muncul nama dengan jumlah suara yang sama, maka peserta rapimgab akan menggunakan mekanisme musyawarah dan mufakat.

Tiga nama itu kemudian akan diumumkan ke publik terlebih dahulu sebelum disetorkan kepada Kemendagri.

“Nah yang paling tinggi itu dinilai dan nanti akan diserahkan ke Mendagri,” ujarnya.

Sebagai informasi, Kemendagri akan mengusulkan enam nama Pj Gubernur DKI ke Presiden Jokowi (Joko Widodo). Tiga nama diusulkan oleh Kemendari dan tiga dari DPRD . Setelah itu, Kemendagri akan melakukan Tim Penilaian Akhir (TPA).

Saat ini empat nama telah muncul dalam bursa Calon Pj Gubernur DKI Jakarta .

Mereka di antaranya adalah Kasetpres Heru Budi Hartono; Sekda DKI Jakarta Marullah Matali; Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Bidang Informasi dan Komunikasi Politik, Juri Ardiantoro; Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar.***