redaksiutama.com – Raja Charles III akan secara resmi deklarasi sebagai Raja Inggris baru. Raja Charles menjadi pemimpin Kerajaan Inggris usai meninggalnya sang ibu, Ratu Elizabeth II .

Seperti dilansir CNN, Jumat (9/9/2022), Raja Charles III baru akan secara resmi dinyatakan sebagai raja pada Sabtu (10/9) waktu Inggris di Dewan Aksesi, Istana Buckingham.

Upacara tersebut akan berlangsung di bagian Istana St James, London, dan dihadiri oleh para penasihat atau Privy Councillors.

“Raja akan membuat Deklarasi dan membaca serta menandatangani sumpah untuk menegakkan keamanan Gereja di Skotlandia dan menyetujui Perintah Dewan yang memfasilitasi kelangsungan pemerintahan,” kata pihak istana.

Raja Charles III diketahui telah berada di Istana Buckingham usai meninggalnya sang ibu Ratu Elizabeth II. Raja Charles III mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Inggiris Liz Truss.

Raja Charles III menjamu PM Inggris Liz Truss di Istana Buckingham waktu London untuk audiensi formal pertama mereka, setelah meninggalnya Ratu Elizabeth II.

Seorang juru bicara istana mengatakan kepada AFP bahwa pertemuan itu terjadi setelah Charles kembali ke London dari tempat peristirahatan keluarga kerajaan di Skotlandia, Balmoral, tempat ibunya meninggal.

Saat tiba di Istana Buckingham, warga yang berkumpul di luar Istana Buckingham menyapa Raja Charles III. Warga meneriakkan ‘God save the King’ dan dengan lantunan lagu kebangsaan yang diubah ulang, kerumunan warga menyambut Charles dan Permaisuri Camilla setelah mereka keluar dari mobil usai penerbangan dari Skotlandia.