redaksiutama.com – Masalah kesehatan mental telah lama menjadi hal yang tabu di India .

Namun, meningkatnya kesadaran di kalangan generasi muda dan dampak pandemi Covid-19 telah membuat orang lebih sadar akan kesehatan mental masing-masing.

Karyawan dari berbagai perusahaan di India mengalami kesehatan mental yang buruk hingga menyebabkan kerugian perusahaan mencapai 14 miliar dolar AS (Rp207,6 miliar) per tahun.

Deloitte memperkirakan dalam sebuah laporan setelah menyurvei hampir 4.000 pekerja yang sering tidak hadir dan menggunakan berbagai alasan.

Sekitar 47 persen dari mereka yang disurvei menganggap stres terkait tempat kerja sebagai faktor terbesar yang memengaruhi kesehatan mental mereka.

Selain itu, para pekerja di negara India juga stres karena masalah finansial serta dampak pandemi Covid-19 ini.

“Tantangan terkait kesehatan mental bukanlah hal baru bagi tenaga kerja India , tetapi ini telah muncul di garis depan sehubungan dengan Covid-19, dan tenaga kerja yang lebih muda terbuka untuk berbicara tentang kesejahteraan individu masing-masing,” ujar Charu Sehgal Mitra dan Life Sciences.

Survei menemukan 80 persen tenaga kerja India melaporkan masalah kesehatan mental pada tahun lalu, setelah gelombang kedua infeksi virus corona menewaskan puluhan ribu orang di negara itu.

Selain itu, 33 persen dari semua responden terus bekerja meskipun kesehatan mentalnya buruk, sementara 29 persen mengambil cuti dan 20 persen mengundurkan diri.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa kesehatan mental yang buruk merugikan ekonomi global 1 triliun dolar AS per tahun karena hilangnya produktivitas.

Kerugian negara India akibat kondisi mental menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2012 sampai 2030 akan menjadi 1,03 triliun dolar AS.

Lalu, apa dampak lain yang terjadi akibat terganggunya kondisi kesehatan mental ?

1. Hubungan yang tidak harmonisPerasaan seseorang akan lebih mudah sensitif ketika mentalnya sedang terganggu, seperti mudah marah, atau lebih mudah menangis.

2. Kesehatan fisik tergangguAkibat dari adanya masalah dalam kesehatan mental seseorang, akan menyebabkan kesehatan fisik terganggu seperti pusing, maag, atau penyakit lainnya.

3. Bunuh diriDampak besar akibat terganggu kesehatan mental yang terakhir yaitu mereka bisa nekat untuk mengakhiri hidupnya.

Hal tersebut sering terjadi karena mereka ingin menemukan jalan pintas untuk menyelesaikan masalahnya, meskipun mereka tahu bahwa itu cara yang salah. (Yulia Ratnasari)***