redaksiutama.com – Setelah Ratu Elizabeth II wafat, Pangeran Charles segera diprokamasikan sebagai Raja Inggris .

Ratu Elizabeth II meninggal di Kastil Balmoral, Skotlandia, dalam usia 96 tahun pada Kamis (8/9/2022).

Sebagai ahli waris urutan pertama, Charles otomatis menjadi penerus takhta Kerajaan Inggris dengan gelar Raja Charles III , menggantikan Ratu Elizabeth II.

Charles akan menjadi orang tertua dalam sejarah Inggris yang menjadi raja pada usia 73 tahun.

Perdana Menteri Inggris Liz Truss mengatakan, bangsa akan menyambut kepala negara yang baru, Raja Charles III, sebagaimana dilansir Insider.

“Dengan keluarga raja, kami berduka atas kehilangan ibunya, dan saat kami berduka, kami harus bersatu sebagai rakyat untuk mendukungnya,” kata Truss.

“Kami mengantarkan era baru dalam sejarah megah negara besar kami, persis seperti yang diinginkan Yang Mulia, dengan mengucapkan kata-kata, God Save the King,” sambung Truss.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh Charles, dia menyebut kematian Ratu Elizabeth II sebagai momen kesedihan terbesar bagi dirinya dan semua anggota keluarga.

“Kami sangat berduka atas meninggalnya seorang Penguasa yang disayangi dan seorang ibu yang sangat dicintai,” ujar Charles.

Terakhir kali Inggris berganti kepala negara adalah 70 tahun yang lalu ketika Ratu Elizabeth II dilantik menjadi ratu setelah kematian Raja George VI.

Sebelum Charles, orang tertua yang jadi Raja Inggris adalah Raja William IV yang naik takhta tahun 1830 pada usia 64 tahun.

Dilansir BBC, Charles akan diangkat secara resmi sebagai raja oleh Dewan Penobatan di Istana St James’s, London, pada Jumat (9/9/2022).