redaksiutama.com – Wafatnya Ratu Elizabeth II membuat anak pertamanya, Charles, naik takhta sebagai Raja.

Setelah dinobatkan sebagai Raja Charles III , pemimpin baru Inggris itu menyampaikan pidato pertamanya melalui sebuah video yang diunggah oleh media sosial resmi Kerajaan Inggris pada Jumat, 9 September 2022.

Pidato Raja Charles III berisi tentang harapannya, serta harapannya terhadap keluarga kerajaan.

“Ratu Elizabeth menjalani kehidupannya dengan baik. Sebuah janji pada takdir yang ditepati dan kepergiannya yang penuh duka. Sumpahnya untuk memberikan pelayanan seumur hidup itu saya teruskan kepada kalian semua hari ini,” ucapnya.

Akan tetapi, tidak seperti Ratu Elizabeth yang dilantik menjadi ratu di usia 25 tahun, Raja Charles baru menjadi raja di usianya yang sudah 73 tahun. Hal ini membuatnya yakin bahwa masa kepemimpinannya tidak akan lama.

“Seperti yang dilakukan ratu dengan pengabdiannya yang tidak tergoyahkan, saya juga berjanji dengan sungguh-sungguh pada diri saya sendiri, sepanjang sisa waktu yang Tuhan berikan, untuk menegakkan prinsip-prinsip konstitusional di hati bangsa kita,” tuturnya dikutip Pikiran-rakyat.com dari The Guardian.

Raja Charles juga menunjuk Pangeran William sebagai Prince of Wales, bersama dengan Kate Middleton yang juga diberi gelar Princess of Wales.

Terkait dengan Pangeran Harry dan Meghan Markle yang telah meninggalkan gelar bangsawan mereka, Raja Charles berharap yang terbaik pada keluarga anak bungsunya tersebut.

“Saya juga ingin menunjukkan cinta saya pada Harry dan Meghan yang melanjutkan hidup mereka di luar negeri,” katanya.

Raja Charles kembali menyampaikan salam perpisahannya kepada Ratu Elizabeth dengan merujuk pada kutipan karya Shakespeare yang berjudul Hamlet.

“Semoga ‘flights of angels sing thee to thy rest,’” tuturnya penuh harap. (Annisa Roffina Nurprili)***