Setelah Dibabat Israel, Pemimpin Jihad Islam Palestina Bertemu Hamas di Lebanon - GenPI.co
Para pemimpin kelompok Hamas dan Jihad Islam Palestina (PIJ) dikabarkan bertemu di ibukota Lebanon pada hari Jumat (26/8) – ilustrasi. (Antara/REUTERS/Suhaib Salem )

GenPI.co – Para pemimpin kelompok Hamas dan Jihad Islam Palestina (PIJ) dikabarkan bertemu di ibukota Lebanon pada hari Jumat (26/8).

Melansir Jerusalem Post, Minggu (28/8), pertemuan itu sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk menampilkan front persatuan di Jalur Gaza setelah konflik baru-baru ini dengan Israel.

Delegasi Hamas yang dipimpin oleh wakil kepala politbiro Hamas, Saleh al-Arouri, bertemu dengan sekretaris jenderal PIJ Ziyad al-Nakhala di Beirut.

BACA JUGA:  Serangkaian Kematian Misterius di Kalangan Petinggi Militer Iran, ulah Israel?

Dalam konflik 3 hari dengan Israel, 5-7 Agustus silam, PIJ berjuang sendiri tanpa bantuan Hamas. Hal itu membuat muncul ketegangan di antara kedua organisasi itu. 

Selain kurangnya koordinasi selama operasi, seorang teroris Hamas secara tidak sengaja terbunuh oleh roket Jihad Islam yang salah tembak.

BACA JUGA:  Pasukan Israel Merangsek Ramallah, Kantor-kantor Kelompok Kemanusian Diacak-acak

Insiden itu dipublikasikan sendiri oleh Hamas dan media Palestina selama konflik, bersama dengan pernyataan yang menguatkan yang dibuat pada oleh Unit Juru Bicara IDF.

Selain itu, lebih banyak warga sipil Gaza yang terbunuh oleh roket Jihad Islam yang gagal daripada oleh serangan udara Israel 

BACA JUGA:  Dedengkot Hizbullah Peringatkan Israel yang Targetkan Militan Palestina

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Hamas, dikatakan bahwa kedua kelompok menyepakati beberapa hal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.