redaksiutama.com – Asam lambung naik akan membuat penderitanya merasakan nyeri pada ulu hati .

Asam lambung yang naik akan membuat tidak nyaman dan sangat mengganggu aktivitas. Jika tidak segera ditangani, kondisi asam lambung akan mengakibatkan gangguan kesehatan yang lebih serius.

Berikut adalah hal yang memicu asam lambung naik yakni pola makan yang tidak teratur, dan penyakit seperti diabetes hingga stres pikiran.

Asam lambung yang naik juga dapat dipicu dari makanan yang kita konsumsi. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk menghindari makanan serta minuman yang menyebabkan asam lambung naik seperti kopi, cokelat, alkohol, dan obat antinyeri.

Dan juga tidak disarankan berbaring setelah makan, beri jeda 2 hingga 3 jam setelah makan sebelum berbaring.

Sementara gejala yang akan dirasakan ketika asam lambung naik yaitu perut terasa penuh setelah makan disertai dengan rasa panas atau teriris-iris di ulu hati yang menjalar ke dada hingga leher serta mual.

Gejala ini dapat disertai dengan keluhan gangguan pencernaan lainnya, seperti bersendawa, maag dan sesak napas, serta mulut terasa asam.

Adapun langkah awal cara mengatasi asam lambung yang bisa Anda lakukan seperti dilansir Pikiran-Rakyat.com dari kanal YouTube INAHEALTH di antaranya:

1. Minum air hangat Cara ini dapat menetralkan asam lambung yang naik dan menyamankan sensasi tidak enak di tenggorokan dan lambung. Teruskan minum air hangat selang beberapa menit.

2. Mengonsumsi obat-obat asam lambung Segera minum obat asam lambung untuk menetralisir sensasi tidak enak.

3. Mengunyah permen karet atau minum air putih yakni untuk memicu air liur keluar, sehingga bisa memicu menurunkan kadar asam yang mencapai esofagus atau daerah dada dan leher.

4. Mengonsumsi jahe kapsul atau minum air rebusan jahe Bisa dilakukan dengan cara merebus jahe dan meminumnya, atau juga bisa ditambahkan dengan perasan lemon atau madu.

Lemon dan madu tidak hanya sebagai perasa, namun juga efektif mengurangi peradangan termasuk peradangan lambung.

5. Berbaring dengan posisi kepala lebih tinggi Hal ini bertujuan untuk mencegah asam lambung naik ke tenggorokan.

6. Kenakan pakaian longgar dan tidak ketat Hal ini bisa menghindari anda dari resiko mengalami tekanan tambahan pada perut. Langkah ini dinilai efektif untuk mengatasi asam lambung yang naik.

Demikian cara mengatasi asam lambung secara sederhana. Selain itu apabila penyakit asam lambung masih belum menunjukkan adanya perubahan untuk sembuh, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter.***