redaksiutama.com – PT Pertamina (Persero) sempat menjual produk Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi dengan nilai oktan (RON) 95. Sebelumnya Pertamina menjual BBM dengan RON 95 ini dengan merek Pertamax Plus.

Namun perlu diketahui bahwa saat ini Pertamina sudah tidak lagi menjual BBM dengan RON 95 ini. Artinya pengendara sudah tidak bisa lagi membeli Pertamax Plus di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina.

Diketahui bahwa Pertamax Plus ternyata sudah cukup lama tak lagi dijual di SPBU, yakni sejak 2016 lalu. Hal ini dikarenakan pada tahun yang sama Pertamina mengeluarkan produk BBM baru dengan nilai oktan lebih tinggi.

Berdasarkan catatan, saat itu hadir untuk mencoba memenuhi kebutuhan pecinta mobil sport dan pengguna mobil premium, Pertamina menilai Pertamax Turbo akan menjadi jawabannya. Jadi saat itu Pertamax Turbo memang dihadirkan sebagai pengganti Pertamax Plus.

“Pertamax Plus tergantikan nanti, targetnya ke sana (menggantikan peran Pertamax Plus-Red),” ucap Direktur Pemasaran PT Pertamina (Persero) Ahmad Bambang, di arena Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.

Meski demikian saat itu Ahmad Bambang memastikan bahwa penggantian Pertamax Plus dengan Pertamax Turbo tidak akan langsung terjadi begitu saja, tapi secara bertahap. Jadi tidak heran bila saat itu banyak masyarakat yang kurang menyadari hilanggnya Pertamax Plus dari pasaran.

“Pengganti Pertamax Plus nanti akan bertahap di semua SPBU. Jadi yang sudah ada Pertamax Turbo saat ini maka akan menggantikan Pertamax Plus, kalau belum ada ya masih ada Pertamax Plus-nya. Tidak mungkinlah tidak ada Pertamax Turbo, Pertamax Plus akan hilang,” tambah Bambang.

Dirinya pun menjelaskan, Pertamax Turbo memiliki 3 segmen konsumen yang ditargetkan. “Segmen pengguna Pertamax Turbo itu ada 3 yaitu pengguna sportcar, pengguna premium car, dan Speed Lovers (pengendara yang menyukai berkendara dengan kecepatan tinggi-Red),” ujarnya.