redaksiutama.com – Proyek-proyek penting yang didanai asing di China menunjukkan kemajuan positif di tengah upaya negara itu untuk menstabilkan investasi asing, kata juru bicara Kementerian Perdagangan China pada Kamis (8/9).

Sejauh ini, 60 persen dari proyek-proyek yang sudah memulai proses produksi telah beroperasi penuh, sementara lebih dari 30 persen proyek yang sedang dibangun telah mulai berproduksi, kata Shu Jueting, juru bicara kementerian tersebut, dalam konferensi pers.

Separuh dari proyek yang berada pada tahap awal juga telah berhasil memulai konstruksi atau operasionalnya, imbuh Shu.

Dalam tujuh bulan pertama tahun ini, investasi asing aktual dari proyek-proyek besar, dengan nilai kontrak investasi asing lebih dari 100 juta dolar AS (1 dolar AS = Rp14.905), mencapai total 66,85 miliar dolar AS, tunjuk data dari kementerian itu.

Angka tersebut melonjak 35 persen secara tahunan, dan menyumbang 53,9 persen dari investasi asing China dalam penggunaan aktual pada periode yang sama, menurut data tersebut.

Kementerian Perdagangan China bekerja sama dengan otoritas-otoritas setempat dan yang terkait untuk menyusun daftar proyek utama yang didanai asing di berbagai bidang, termasuk manufaktur canggih dan teknologi tinggi, menyelesaikan 611 masalah bagi investor asing dan memenuhi persyaratan wajar dalam hal pendanaan, lahan, dan energi.

Pada tahap berikutnya, kementerian akan mengoptimalkan layanan seluruh proses dan jaminan menyeluruh untuk mendorong pengoperasian awal proyek-proyek besar yang didanai asing.