Ini Ciri Khas Kuliner Nusantara di 4 Pulau Indonesia

Jakarta: Indonesia dikenal dengan cita rasa kuliner yang berbeda di setiap daerah. Tentu kita tak bisa membahasnya secara singkat, saking beragamnya.

Untuk itu mari kita jelajahi makanan Nusantara dari berbagai daerah di Indonesia melansir Shopee 9.9:

 

1. Pulau Sumatera Kental Rempah

Sudah tak asing lagi, kentalnya rasa rempah-rempah bercampur santan menjadi keunikan dari pulau ini. Keharmonisan antara bumbu otentik dengan teknik pengolahan masakan khusus, memanjakan lidah para penikmat yang menyukai rasa kuat, gurih, dan pedas. Jadi tidak heran apabila kuliner dari Sumatera banyak digandrungi dan terkenal hingga dunia.
 

2. Pulau Jawa Khas Manis dan Gurih

Selain Sumatera, pulau Jawa juga memiliki cita rasa kuliner yang kuat dan khas. Kuliner tradisional Jawa juga seringkali dijumpai sebagai hidangan harian di rumah, serta menjadi salah satu menu andalan pada warung hingga restoran ternama.

Mengulik kuliner pulau yang memiliki banyak pegunungan ini, rasa manis dan gurih cenderung mendominasi jika dibandingkan rasa lainnya. Selain itu, bumbu rempah berbasis bawang, seperti bawang putih dan merah pun kerap menjadi bumbu utama pada setiap resep masakannya.

 

3. Makanan Laut Pulau Bali dan Lombok Favorit Turis

Berlaju ke Pulau Bali dan Lombok, cerita indahnya pulau ini seakan tak ada habisnya. Sekali berkunjung rasanya tidak cukup, apalagi jika harus mengingat rasa kuliner khas sana yang seolah wajib diulang kembali.

Pesona kekayaan laut dan pantainya, membuat kuliner seafood segar selalu menjadi salah satu alasan untuk kembali berpelesir ke pulau ini. Walaupun banyak hidangan khas lainnya, makan seafood di pinggir pantai sambil menyaksikan sunset adalah momen nikmat yang sayang bila terlewatkan.

Meski suasana makan langsung di sana tidak dapat tergantikan, rasa masakan seafood pinggir pantai bisa kita kreasikan langsung dari rumah sambil menciptakan momen tersendiri bersama keluarga maupun kerabat tersayang, lho!

 

4. Pulau Sulawesi Kaya Tradisi

Menjadi destinasi terakhir dalam petualangan bersama Shopee kali ini, ternyata pulau terbesar ke-4 di Indonesia ini bukan hanya kaya akan kearifan lokal nan khas, namun juga memiliki khazanah kuliner yang mengesankan.

Pisang ijo dan Pallu Butung, kuliner yang selalu menjadi bagian dari opsi pelepas dahaga saat udara panas dan saat berbuka puasa, juga berasal dari Sulawesi, tepatnya di Makassar, Sulawesi Selatan. Konon, dulu Es Pisang Ijo pertama kali dikenal tanpa pakai es lho, jadi bisa dimakan hangat-hangat. Menarik, ya!
(FIR)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!