Blok Rokan Andalan Emiten Suami Puan (RAJA) untuk Cetak Cuan

redaksiutama.com – PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) menargetkan laba bersih antara US$ 6 juta-US$ 7 juta tahun ini dan pada 2023 akan mencapai US$ 23 juta.

Direktur Rukun Raharja Okan Lesmana menyebut, peningkatan laba yang signifikan tahun depan akan dikontribusi oleh 4 proyek pipa hilirisasi blok rokan.

Okan menjelaskan, meskipun pipa gas Blok Rokan sudah selesai secara operasional pada awal 2022, namun baru dapet beroperasi scara komersial pada akhir tahun ini.

“Finalisasi harapkan kuartal 4 ini kami sudah bisa komersial penuhnya,” ujarnya dalam Public Expose yang diselenggarakan oleh BEI, Senin (12/9/2022).

Sementara, Direktur Utama Rukun Raharja Djohar Maulidi menjelaskan,proyek pipa minyak Rokan masih menjadi prioritasi. Sebab, selain memberikan manfaat ekonomi yang baik, proyek ini juga mendukung pencapaian target produksi minyak nasional.

Nantinya, dari pipa blok rokan memiliki kapasitas sebesar 200 ribu barel minyak per hari. Sementara saat ini secara rata-rata baru mencapai 18.000 barel per hari karena belum berfungsi secara komersial.

Proyek pipa tersebut merupakan hasil kerja sama operasi antara PT Pertamina Gas (Pertagas) dengan perseroan. Perseroan berperan sebagai mitra strategis berkomitmen memberikan pendanaan sebesar 25% dari total nilai investasi proyek pipa Rokan yang diperkirakan kurang lebih sekitar US$ 300 juta.

Hingga pertengahan tahun ini, perseroan membukukan laba tahun berjalan sebesar US$ 3,37 juta dari sebelumnya yang sebesar US$ 764.197 pada periode yang sama tahun sebelumnya. Capaian tersebut didongkrak oleh pendapatan sebesar 11,84% secara menjadi US$ 56,08 juta.

error: Content is protected !!