Beberapa orang tua mulai memikirkan asuransi pendidikan anak terbaik belakangan ini. Alasannya adalah untuk lebih mudah mempersiapkan dana pendidikan untuk buah hati mereka. Simak beberapa contoh asuransi pendidikan anak terbaik di Indonesia.

Dengan asuransi pendidikan, anak-anak mendapatkan pendidikan yang layak hingga jenjang bangku kuliah.

Asuransi pendidikan dianggap sebagai salah satu solusi terbaik untuk mengantisipasi biaya pendidikan yang meningkat setiap tahun. Sebab nominal dana yang dihasilkan oleh produk-produk asuransi pendidikan tersebut dapat mengejar inflasi.

Selain itu, asuransi pendidikan menjadi jawaban jika orang tua meninggal dunia.

Asuransi pendidikan akan menanggung dana pendidikan anak saat orang tua mereka meninggal dunia. Asuransi pendidikan anak yang bagus apa ya? Simak beberapa rekomendasi produknya berikut ini.

7 Contoh produk asuransi pendidikan anak terbaik

Memilih asuransi pendidikan anak memang tidak mudah. Kamu perlu mempertimbangkan risiko asuransi pendidikan yang dipilih terutama yang mengandung unsur investasi di dalamnya.

Untuk itu, kamu perlu cerdas memilih jenis asuransi pendidikan untuk anak kamu.

Jika kamu ingin lebih fokus pada nilai dana pendidikan yang lebih pasti, sebaiknya pilih jenis asuransi pendidikan anak murni atau dwiguna.

Sebab jenis asuransi pendidikan ini memadukan proteksi dan tabungan saja. Jadi, tidak ada risiko seperti pada asuransi unit link.

Jenis asuransi unit-link memadukan proteksi dan unsur investasi dalam pengelolaan dananya. Yang namanya investasi pasti memiliki risiko.

Berikut ini adalah beberapa contoh produk asuransi pendidikan anak terbaik di Indonesia.

Mulai dari produk asuransi murni, endowment, dan unit link. Kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih salah satu di antaranya.

1. Asuransi Pendidikan BRI Life

Rekomendasi asuransi pendidikan anak yang bagus pertama ditawarkan oleh BRI Life. BRI Life memiliki beberapa produk pilihan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak di masa depan.

Di antaranya adalah asuransi pendidikan, tabungan pendidikan, hingga produk asuransi pendidikan syariah.

Dengan premi tahunan sebesar Rp5 juta, anak kamu akan mendapatkan Rencana Dana Pendidikan sebesar Rp50 juta. Premi asuransi pendidikan ini dibayarkan dalam jangka waktu 10 tahun.

Manfaat asuransi pendidikan ini yang lain adalah, jika tertanggung meninggal dunia, otomatis diberlakukan bebas premi dan dana pendidikan tetap disalurkan sebagaimana yang dijanjikan dalam polis asuransi.

Selain asuransi pendidikan BRI Life memiliki berbagai produk asuransi unggulan lainnya, termasuk asuransi jiwa, jiwa kredit, kesehatan, dan kecelakaan.

2. Asuransi Pendidikan Prudential

Dengan premi mulai dari Rp500 ribu per bulan. Prudential Indonesia memberikan manfaat keuntungan investasi 15 persen per 3 tahun sekali.

Produk yang ditawarkan berupa asuransi pendidikan unit link sehingga kamu akan mendapatkan proteksi jiwa serta investasi.

Sebagai perusahaan asuransi terkemuka, Prudential menawarkan dua produk asuransi pendidikan , yaitu PRUlink Edu Protection dan PRUlink Edu Protection.   

3. Asuransi Pendidikan Allianz, contoh asuransi pendidikan sistem dwiguna

Asuransi pendidikan anak yang terbaik selanjutnya berasal dari Allianz. Allianz menawarkan asuransi pendidikan dengan premi rendah mulai dari Rp300 ribu per bulan.

Preminya bisa lebih murah karena produk asuransi ini menggunakan sistem endowment atau dwiguna.

Salah satu kelebihan produk asuransi ini adalah jika terjadi risiko kematian, dana pendidikan tidak akan dikurangi dan akan tetap diberikan kepada ahli waris sesuai dengan perjanjian dalam polis asuransi.

Allianz Indonesia juga memiliki berbagai produk asuransi lainnya yang berkualitas dan telah dipercaya secara internasional, seperti asuransi jiwa, kesehatan, dan umum.

4. Asuransi Pendidikan Manulife

Manulife Indonesia menawarkan dua produk asuransi pendidikan anak yang bagus yang bisa kamu pilih, yaitu Manulife Education Protector dan Manulife ProGraduate.

Produk Manulife Education Protector merupakan asuransi pendidikan unit link. Jadi, nilai dana pendidikan yang didapatkan bisa berubah, tergantung dari persentase kenaikan atau penurunan unit dari instrumen investasi yang dipilih.

Sedangkan produk ProGraduate memberikan manfaat yang sudah pasti sesuai dengan perjanjian dalam polis asuransi. Karena sifatnya seperti tabungan pendidikan dengan manfaat proteksi jiwa.

5. Asuransi Pendidikan AXA Mandiri

AXA Mandiri memiliki satu produk asuransi pendidikan, yaitu Asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas. Salah satu keunikan produk asuransi pendidikan ini adalah adanya loyalty bonus pada akhir tahun kelima senilai 1,5 persen.

Preminya pun sangat terjangkau, hanya Rp2,5 juta saja per tahun. Masa pertanggungan maksimum hingga anak berusia 25 tahun.  

6. Asuransi Pendidikan BCA

Asuransi pendidikan BCA dari asuransi BCA Umum memiliki produk asuransi pendidikan bernama Maxi Kid Investa. Jenis produk yang ditawarkan adalah asuransi pendidikan unit link.

Manfaatnya adalah uang pertanggungan yang mencapai Rp1,5 miliar. Rata-rata kenaikan investasi diproyeksikan sekitar 13,5 persen per tahun. Cukup menarik, bukan?

Selengkapnya mengenai asuransi BCA pendidikan dapat kamu baca di artikel Lifepal tentang Review Asuransi Pendidikan BCA.

7. Asuransi Pendidikan BNI Life Solusi Pintar

BNI Life juga menghadirkan asuransi pendidikan dengan nama produk BNI Life Solusi Pintar. Asuransi ini memberikan jaminan dana pendidikan di semua tingkatkan pendidikan, mulai dari SD hingga perguruan tinggi.

Apabila tertanggung meninggal dunia saat masa polis masih berlaku maka ahli waris akan dibayarkan 100% uang pertanggungan, polisnya bebas premi, dan dana pendidikan akan dibayarkan sesuai jadwal.

Premi untuk asuransi ini bisa dibayarkan bulanan, triwulan, semester, maupun tahunan. Terdapat rider atau asuransi tambahan yang tersedia untuk asuransi ini, yaitu Personal Accident, Term Life, dan Personal Health.

Itulah beberapa asuransi pendidikan anak terbaik yang bisa dirangkum dari puluhan produk yang memberikan jaminan pendidikan serta proteksi di masa depan bagi buah hati kamu.

Tips dari Lifepal! Biaya sekolah memang tidak murah. Bahkan setiap tahunnya biaya pendidikan ini kenaikannya semakin fantastis. Demi tetap memberikan pendidikan terbaik bagi si kecil, asuransi pendidikan memang bisa kamu jadikan pilihan.

Asuransi pendidikan dianggap sebagai salah satu solusi terbaik untuk mengantisipasi biaya pendidikan yang meningkat setiap tahun. Sebab nominal dana yang dihasilkan oleh produk-produk asuransi pendidikan tersebut dapat mengejar inflasi.

Selain itu, asuransi pendidikan menjadi jawaban jika orang tua meninggal dunia. Asuransi pendidikan akan menanggung dana pendidikan anak saat orang tua mereka meninggal dunia.

Pentingnya asuransi pendidikan

Ada banyak sekali jenis asuransi yang bisa kamu pilih. Pastikan kamu mencari tahu dengan jelas setiap manfaatnya sebelum menentukan asuransi yang paling cocok untuk kamu.

Pertimbangkan kembali mana jenis asuransi pendidikan yang cocok dengan kemampuan finansial kamu.

Pahami juga plus-minus asuransi pendidikan unit link, endowment, maupun asuransi pendidikan murni. Dengan begitu, dana yang asuransi hasilkan akan cukup untuk buah hati kamu menyelesaikan pendidikan hingga jenjang tertinggi.

Selain asuransi pendidikan, jangan lupa juga untuk menyiapkan dana darurat. Berapa yang kamu butuh? Hitung dengan kalkulator dana darurat berikut ini!

Untuk mendapatkan pilihan terbaik, kamu bisa berkonsultasi dengan tim Lifepal atau membandingkan produk asuransi melalui situs resmi Lifepal.co.id untuk mendapatkan produk terbaik.

Hitung uang pertanggungan asuransi kamu

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu kamu ketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik

Gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus kamu tabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa kamu gunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Manfaat memiliki asuransi mobil

Selain asuransi pendidikan, kamu sebaiknya juga memiliki proteksi dari asuransi mobil. Sebab biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Pertanyaan seputar contoh asuransi pendidikan anak

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.