Kamis, 25 Agustus 2022 – 11:14 WIB

VIVA Lifestyle – Cara memanjangkan rambut ada berbagai macam. Seperti diketahui, rambut di kepala umumnya akan tumbuh sekitar 0,3–0,4 mm per hari atau 15 cm per tahun. Namun, sebagian orang ada yang rambutnya lebih cepat panjang dan ada juga yang lebih lambat pertumbuhannya. Penyebab rambut cepat panjang bisa disebabkan oleh genetik dan diet Anda. Anda dapat merubah gaya hidup dengan mengonsumsi vitamin atau mineral yang dibutuhkan untuk menutrisi rambut. Pertumbuhan rambut yang lambat ternyata dipengaruhi oleh berbagai faktor. Mulai dari usia, hormon, pemakaian alat pemanas, hingga kekurangan vitamin. Selain itu, masih ada beberapa faktor yang juga bisa memperlambat pertumbuhan rambut.

Menutrisi rambut dapat dilakukan dengan menggunakan sampo. Sampo dengan kandungan yang tepat akan dapat membantu memanjangkan rambut Anda. Namun, nutrisi untuk memanjangkan rambut tidak hanya diperoleh dari luar saja. Perhatikan juga asupan makanan Anda agar pertumbuhan rambut lebih maksimal. Cara agar rambut cepat panjang bukan dilakukan dengan sering keramas. Keramas memang penting dilakukan rutin sesuai jenis rambut, tapi tidak perlu berlebihan. Gunakan selalu sampo dan kondisioner dalam satu rangkaian, karena hal ini menjadi salah satu faktor penting untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

Berikut beberapa cara memanjangkan rambut yang dirangkum dari berbagai referensi:

1. Pijat Kulit Kepala

6 Cara Memanjangkan Rambut, Cara Alami Lebih Sehat

Tren Solusi Ampuh Masalah Rambut Teratasi Dengan Scrub Kulit Kepala

Cara paling alami yang bisa kamu lakukan untuk memanjangkan rambut secara alami adalah dengan memijat kulit kepala secara rutin. Menurut dr. Alan J. Bauman, ahli restorasi rambut bersertifikat dari World Trichology Society, menyebutkan bahwa memijat kulit kepala memberikan manfaat mengurangi hormon stres dan menjaga tekanan darah serta detak jantung tetap stabil.

Dengan melakukan pijat kepala, aliran darah ke kulit kepala akan meningkat dan membantu akar-akar rambut semakin kuat. Aliran darah yang cukup juga membantu folikel mendapatkan nutrisi lebih banyak sehingga rambut cepat tumbuh. Pijat kulit kepala bisa dilakukan tanpa bahan apa-apa atau dalam keadaan rambut kering, tetapi lebih baik jika menggunakan bahan-bahan alami yang mengandung nutrisi untuk menumbuhkan rambut.

2. Rawat dengan Minyak Jarak

Artikel ini bersumber dari www.viva.co.id.